alexametrics
Senin, 24 Januari 2022
Senin, 24 Januari 2022

Motor Kesayanganmu Terendam Banjir, Segera Lakukan Hal ini

Mataram – Hujan lebat yang melanda Kota Mataram dan sekitarnya pada Minggu hingga Senin lalu (6/12) mengakibatkan sejumlah titik pada ruas jalan raya mengalami genangan air hingga mencapai lutut orang dewasail. Bahkan diketahui terdapat permukiman warga yang terendam air Bah dari sungai hingga mencapai setinggi dada orang dewasa.

Tak sedikit warga yang mengeluhkan harta benda mereka yang terendam air banjir. Salah satunya kendaraan roda dua milik warga. Kebanjiran pada motor tentunya dapat menimbulkan potensi kerusakan pada mesin hingga body kendaraan. Astra Motor NTB akan berbagi tips dalam pertolongan pertama pada sepeda motor yang mengalami kebanjiran.

Technical Sub.Dept Head Astra Motor NTB Anton Prihatno mengatakan ada beberapa cara untuk mengatasi kerusakan mesin pada sepeda motor akibat banjir. Minimal Anda melakukan hal ini saat sepeda motor kesayangan mengalami kebanjiran.
“Pertama jangan menghidupkan mesin saat melewati genangan air.

Disarankan untuk menuntun kendaraan Anda supaya mesinnya tidak perlu menyala. Baiknya untuk tak memaksa menerobos banjir apabila genangan airnya cukup dalam. Air yang melebihi ketinggian mesin, berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bisa bengkok,” jelas Anton Prihatno.

Saat memperbaiki sepeda motor yang kebanjiran, lebih baik bukalah seluruh body motor. Hal ini bertujuan agar Anda juga bisa sekaligus membersihkan rangka dan kabel dari lumpur. Langkah-langkah yang dapat dilakukan diantaranya periksa kondisi oli dan pastikan tidak tercampur dengan air. Apabila saringan udara terkena air, harus segera diganti. Kemudian bersihkan busi secara menyeluruh. Periksa kondisi knalpot, dan jika masih ada air, bersihkan sampai knalpot bersih.
“Untuk perawatan terbaik, segera kunjungi bengkel AHASS terdekat dari lokasi rumah Anda. Sebanyak 77 AHASS yang tersebar di wilayah NTB siap memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan konsumen setia motor Honda,” tutup Anton. (*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks