alexametrics
Senin, 27 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022

PLN Pulihkan Jaringan Terdampak Banjir Bima Secara Bertahap

BIMA-Banjir bandang yang menerjang wilayah Bima, Jumat (2/4/2021) berdampak pada infrastruktur PLN. Data PLN Unit Pelayanan Pelanggan Bima, 54 gardu distribusi terganggu. Ini mengakibatkan aliran listrik ke 7.500 masyarakat di 26 desa terputus.

Namun, petugas PLN bergerak cepat. Hingga Sabtu siang (3/4/2021), mereka telah berhasil memulihkan 83 persen pasokan listrik di wilayah terdampak. “Sebanyak 6.000 masyarakat dan 45 gardu distribusi telah berhasil dinormalkan. Petugas tetap siaga di lapangan untuk melakukan perbaikan,” tutur Manajer PLN Unit Pelayanan Pelanggan Bima Maman Sulaeman.

Pemulihan dilakukan bertahap setelah kondisi benar-benar dipastikan aman. PLN akan melakukan inspeksi terlebih dahulu terhadap instalasi kelistrikan sebelum menyalakan kembali listrik di masyarakat. “Prioritas utama kami adalah keselamatan warga. Jadi untuk sementara, kami harus memutus aliran listrik ke masyarakat,” kata Maman.

Baca Juga :  Buat Keributan di Rutan Bima, Bang Jago dan Enam WBP Dipindah

Pihaknya menyiagakan 26 petugas di tiga lokasi terdampak banjir, yaitu di Monta, Woha, dan Bolo. Tujuannya supaya  PLN bisa bergerak cepat ketika ada laporan dari masyarakat ataupun untuk perbaikan jaringan.

Selain itu, Maman juga mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada terhadap bahaya kelistrikan yang mungkin terjadi. Salah satunya dengan segera mematikan listrik apabila air masuk ke dalam rumah. “Apabila air mulai masuk ke rumah, segera putus aliran listrik dari mini circuit breaker yang terdapat di kwh meter,” imbaunya. (*/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/