alexametrics
Selasa, 24 Mei 2022
Selasa, 24 Mei 2022

Kota Bima Hanya Dijatah 111 CJH

KOTA BIMA-Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2022 berkurang. Kota Bima hanya dijatah 111 orang plus dengan 18 CJH cadangan. ’’Total CJH yang disiapkan sebanyak 230 orang. Tapi yang akan berangkat 111 orang saja,’’ kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bima Muhammad Syafi’I, kemarin.

Kuota yang berangkat tahun ini berdasarkan keputusan Kemenag Provinsi NTB. “Ratusan CJH dan 18 CJH cadangan itu telah memenuhi kualifikasi umur di bawah 65 tahun,” jelasnya.

Pengurangan jatah dan pembatasan usia, menurut dia, merujuk dari kebijakan Arab Saudi. Karena di Tanah Suci masih dilanda Covid-19. Sehingga CJH di atas 65 tahun tidak diizinkan berangkat. Dikhawatirkan mudah terpapar penyakit asal Wuhan, China tersebut.

Baca Juga :  Menginap di Kos Teman, Wanita Muda di Kota Bima Ditemukan Meninggal

“Ketentuan ini hanya berlaku saat Covid-19. Kita berharap penyakit ini cepat hilang, agar pemberangkatan haji bisa berjalan seperti biasa. Tidak lagi dibatasi usia,” harap Syafi’i.

Untuk jadwal pemberangkatan tahun ini secara nasional dibagi dua gelombang. Pertama 4 Juni dan kedua 18 Juni nanti.

Sementara progres persiapan seperti pengurusan administrasi sebagai syarat pemberangkatan, dari total CJH baru sekitar 80 persen sudah rampung. “Lebih banyak yang sudah. Sisanya 20 persen sedang kami genjot sekarang,” tandas dia. (jlo/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/