alexametrics
Selasa, 27 September 2022
Selasa, 27 September 2022

Sambut HUT RI Ke-77, Warga Bima Tumpah Ruah Ramaikan Pawai Budaya

BIMA-Pemkab Bima menggelar pawai budaya, Sabtu (13/8). Ribuan warga tumpah ruah di jalan. Mereka mengenakan aneka pakaian adat Bima.

Pawai untuk memperingati Hari Jadi Bima ke-382 sekaligus  menyambut HUT ke-77 RI dipusatkan di ibu kota Kabupaten Bima. Semua instansi pemerintah, mulai dari  pemerintah desa, kecamatan, hingga pemerintah daerah ikut meriahkan pawai budaya tersebut. Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bima juga ambil bagian dalam pawai budaya itu.

Berbagai keunikan ciri khas setiap instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Bima ditampilkan pada pawai yang bertajuk pulih, bangkit, lestarikan budaya luhur Dana Mbojo itu. Meski hujan deras mengguyur sejak mulai start, tidak menyurutkan semangat warga mengikuti pawai. Mereka tetap teratur dalam barisan masing-masing.

Misalnya, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bima. Semua  pasukan dan satu unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. Dinas Peternakan lebih menonjolkan keberhasilan, sekaligus mengkampanyekan program Inseminasi Buatan (IB). Saat pawai ikut memamerkan sapi induk dan anak dari program IB.

Baca Juga :  Mantan Kadis Pertanian Bima Jadi Tersangka Korupsi Cetak Sawah Baru

Mereka juga sosialisasikan tentang bahaya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melalui spanduk. Dua petugas mengenakan APD lengkap dengan alat semprot disinfektan.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima, memajang sejumlah produk lokal  sebagai bagian dari komoditi ketahanan pangan. Begitu pula dengan instansi instansi lainnya. Unsur pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa juga ikut memeriahkan kegiatan pawai budaya itu.

Selain dari instansi lingkup pemerintah, sejumlah etnis paguyuban ikut menyemarakan. Setiap perwakilan etnis menampilkan ciri khas dari mereka. Misalnya etnis Jawa Timur mempertunjukan atraksi yang tidak asing lagi, yakni reok Ponorogo.

Sepanjang jalan, para penonton terpukau dengan penampilan budaya asli dari Ponorogo itu. Meski hari menjelang malam, tidak menyulutkan semangat warga yang tetap menonton.

Baca Juga :  332 Anak di Bima Sudah Divaksin

Di sisi lain, kegiatan pawai budaya ini mengundang kemacetan luar biasa. Ratusan kendaraan macet total dari arah Tente menuju Kota Bima, begitu pula sebaliknya. Kemacetan bisa diurai petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bima sekitar pukul 19.50 Wita.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi semangat para peserta yang ikut memeriahkan pawai budaya tersebut. ’’Saya bangga atas partisipasi puluhan ribu warga meramaikan pawai budaya ini,” kata bupati.

Sebelumnya, berbagai kegiatan lain juga ikut meriahkan rangkaian HUT RI. Ada kegiatan gerak jalan indah tingkat SD, SMP dan SMA. Ada juga kegiatan gerak jalan melibatkan kalangan masyarakat umum.

Dalam pawai itu hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Putera Ferryandi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Staf Ahli,  Asisten, dan Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan. (man/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/