alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Jembatan Kananta Bima Segera Bisa Dilintasi

BIMA-Pembangunan jembatan Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima segera rampung. Kini, jembatan yang menelan anggaran belasan miliar itu hanya menyisakan pekerjaan minor saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB Ridwan Syah mengklaim pengerjaan jembatan Kananta bisa rampung sesuai target Mei ini. ’’Sudah lihat ke lapangan gak? Kan sudah dicor,’’ cetus Ridwan Syah dihubungi Lombok Post, Selasa (19/4).

Rekanan PT Dunia Mas memastikan juga pembangunan jembatan bisa rampung Mei nanti. ’’Pengecoran lantai dan pengecoran beton sudah selesai,’’ kata Manager Lapangan PT Dunia Mas Eko Juliadi dihubungi Lombok Post, kemarin.

Menurut dia, pengecoran lantai jembatan sempat terkendala cuaca. Dari pagi hujan mengguyur wilayah Kananta. Sehingga, menyulitkan pekerja untuk menyelesaikan pengecoran lantai. ’’Pekerja harus kerja sampai malam. Kalau hujan siang, kita lemburkan malam,’’ jelas dia.

Baca Juga :  Tercatat 35 Ribu Pemudik Tinggalkan Bima

Eko memastikan pengerjaan jembatan ini bisa diselesaikan tepat waktu. Karena pengerjaan utama sudah selesai. Sekarang, hanya pengerjaan minor, seperti pasangan batu dan timbunan. ’’Timbunan belum bisa kerjakan karena lumpur. Sebelum lebaran bisa selesai,’’ ujarnya.

Sementara, dua jembatan lain di Kiwu dan Sampungu sudah selesai duluan. Hanya pengerjaan jembatan Kananta yang terkendala. ’’Di Kanantakan sungai aktif.  Jadi kita ubah metode pengerjaannya beberapa kali,” terang dia.

Pembangunan jembatan Kananta sepanjang 25 meter ini merupakan program percepatan jalan dan jembatan provinsi 2020-2020. Pengerjaan jembatan ini sempat mandek. Itu disebabkan kendala distribusi material dan pemasangan perancah khusus H beam dari Surabaya.

Selain itu, ada perubahan desain jembatan. Karena pihak rekanan menyampaikan jembatan tersebut harus menggunakan tiang pancang.

Baca Juga :  Polda NTB Turun Tangan, Capaian Vaksinasi di Bima Meningkat

Diketahui, jembatan Kananta menghabiskan anggaran sekitar Rp12 miliar dari APBD Provinsi NTB.  Masa kerjanya selama 365 hari kalender, dengan pola pembiayaan tahun jamak, mulai 2020 sampai 2022. Proyek ini satu paket dengan pengaspalan jalan Kiwu-Sampungu, Jembatan Sori Kari’i, dan Jembatan Kiwu. (jlo/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/