alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Pengelolaan Dana BOS Rp 2 Miliar di Bima Diduga Salahi Aturan

BIMA-Pengelolaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP di Kabupaten Bima Rp 2 miliar diduga menyalahi aturan. Sekolah menghabiskan dana BOS miliaran itu untuk pembayaran honor tenaga kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN). Padahal dalam Juklak dan Juknis penggunaan dana BOS tidak memperbolehkan untuk membayar honor ASN.

Tahun lalu, Dinas Pendidikan, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima merealisasikan dana BOS untuk SD Rp 44, 905 miliar dan SMP Rp 24, 163 miliar. Dari pemeriksaan laporan rekapitulasi yang disusun tim BOS kabupaten terdapat penggunaan dana BOS untuk pembayaran honorarium pegawai yang berstatus ASN Rp 2 miliar. Dengan rincian, pembayaran honor ASN di lingkup SMPN Rp 1, 115 miliar dan SDN Rp 966, 305 juta.

Pembayaran honor ASN ini menjadi BPK NTB. Karena pembayaran honorarium hanya dapat diberikan kepada guru yang berstatus bukan ASN. Dengan syarat terdaftar di Dapodik, belum memiliki sertifikat pendidik, dan belum mendapat mendapat tunjangan profesi guru.

Baca Juga :  Proyek Molor, Kontraktor Pembangunan Sayap Kantor Wali Kota Bima Disanksi

Karena itu, BPK NTB merekomendasikan agar tidak lagi mengalokasikan anggaran dana BOS untuk pembayaran honor tenaga pendidik yang berstatus ASN.

Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin membenarkan temuan BPK. Dia mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi BPK. “Kita diperintahkan menegur kepala sekolah dan bendahara agar tidak menganggarkan untuk  pembayaran honorarium ASN menggunakan dana BOS,’’ jelasnya, kemarin.

 Meski menjadi temuan BPK, Zunaidin mengatakan, BPK tidak merekomendasi anggaran BOS yang digunakan untuk honor ASN tidak dikembalikan ke kas daerah.

’’Sebagai tindak lanjut tambahan, kami melakukan mitigasi berupa kegiatan pembinaan maupun rekonsiliasi dana BOS ke seluruh satuan pendidik SD dan SMP di Kabupaten Bima,’’ tambah dia. (man/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/