alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Belum Selesai Dikerjakan, Tanggul Dam Ncera Rp 8 Miliar di Bima Jebol

BIMA-Pekerjaan pasangan tanggul rehabilitasi Dam Ncera di Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima sudah jebol. Padahal pengerjaan fisik belum rampung 100 persen.

Proyek yang menelan anggaran Rp 8 miliar dari satuan kerja Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB 1 itu dikerjakan sejak Oktober 2021. Hingga Kamis (23/6) tidak terlihat ada aktivitas pekerjaan sama sekali di lokasi proyek.

Perbaikan Dam Ncera merupakan pekerjaan Remedial Bendungan Nusa Tenggara I di Pulau Sumbawa Tahun 2021. Proyek bertajuk peningkatan operasional dan keselamatan Dam/Bendungan ini menelan anggaran Rp 8 miliar, yang bersumber dari bantuan Bank Dunia.

Kepala Desa Ncera Idris membenarkan pekerjaan rehabilitasi tanggul Dam Ncera sudah jebol. “Sekitar 20 meter tanggul bawah sudah jebol. Saya tidak tahu persis penyebabnya. Lagian proyeknya belum tuntas dikerjakan,” katanya dikonfirmasi, kemarin (23/6).

Baca Juga :  Mapolsek Soromandi Bima Segera Dibangun

Berdasar informasi yang diketahuinya, kerusakan itu terjadi disebabkan arus air yang meningkat saat tahapan pengerjaan tahun 2021 lalu. “Kerusakan juga diperparah adanya banjir bandang akhir tahun lalu,” terangnya.

Proyek itu, dikerjakan Agustus 2021 dan sekitar Desember 2021 dihantam banjir. Setelah kejadian itu, pelaksana proyek tidak melanjutkan pekerjaan. Bahkan proyek dibiarkan begitu saja, sehingga pengerjaannya hingga kini belum selesai.

“Selain tanggul, lantai cor juga rusak dan belum diperbaiki. Bagian kolamnya juga belum dikerjakan sampai sekarang,” ungkapnya.

Menindaklanjuti kondisi itu, dia sudah berkoordinasi dengan pelaksana proyek dan pihak BWS di Bima. Mempertanyakan kelanjutan pengerjaan proyek itu. “Sudah kami laporkan dan tanyakan ke pelaksana serta pihak BWS dan mereka menjawab akan dikerjakan secepatnya,” ungkap dia.

Baca Juga :  Syafrin Bongkar Dugaan Rekayasa Musda Golkar Dompu

Dia berharap pekerjaan proyek tersebut bisa dilanjutkan kembli agar bisa dimanfaatkan petani. “Janjinya akan dituntaskan setelah air dalam Dam kering. Kami harap secepatnya direalisasikan,” pintanya.

Informasi yang dihimpun, item pekerjaan proyek rehab Dan Ncera meliputi peningkatan kinerja bendungan/Dam dalam penyediaan air baku dan air irigasi. Peningkatan umur ekonomis bendungan melalui perbaikan dan rehabilitasi, dengan tujuan untuk meingkatkan keamanan dan fungsi dam/bendungan.

Di Kabupaten Bima, ada dua lokasi rehablitasi yakni satu paket pekerjaan rehab Bendungan/Dam Ncera dengan Bendungan Kowo Kecamatan Sape. (man/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/