Rabu, 8 Februari 2023
Rabu, 8 Februari 2023

Kota Bima Darurat Kekeringan, 21 Kelurahan Terdampak

KOTA BIMA-Pemprov NTB menetapkan Kota Bima sebagai daerah darurat kekeringan air bersih. Menyusul meluasnya kekeringan menjadi 21 kelurahan. “Benar, saat ni Kota Bima darurat kekeringan,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bima, Hj Siti Jaenab, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya kekeriangan melanda 19 kelurahan. Kini meluas menjadi 21 kelurahan. Dengan tambahan Kelurahan Nungga dan Ntobo, Kecamatan Raba.

Setelah ditetapkan status darurat kekeringan, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan bantuan anggaran penanganan air bersih ke Pemprov NTB. Mengingat, anggaran penanggulangan kekeringan di Kota Bima saat ini, minim. “Sekarang anggaran kita terbatas, dipangkas untuk penanganan Covid-19,” terangnya.

Permintaan anggaran di Pemprov NTB rutin dilakukan. Selain bantuan armada, juga diharapkan kucuran dana operasional untuk pendistribusian air bersih. Hanya saja, dia belum bisa memastikan nominal dan kapan anggaran tersebut dicairkan. Karena daerah yang terdampak krisis air di NTB, menurut dia, tidak hanya Kota Bima. Tapi juga di sejumlah daerah lain. “Mudah-mudahan tahun ini, kita dibantu lagi seperti tahun lalu,” harap Jaenab. (jul/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks