alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Bertahun-tahun Desa di Bima ini Selalu Kekurangan Air Bersih

Tiap Hari Warga Terpaksa Beli Air

BIMA-Bertahun-tahun warga Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten dihadapkan dengan kekurangan air bersih. Selama ini mereka terpaksa membeli air bersih setiap harinya. “Sudah terjadi bertahun-tahun kita kekurangan air bersih,” kata Sekretaris Desa Sanolo Arabiah dihubungi via seluler, kemarin.

Untuk memenuhi kebutuhan minum, warga harus membelinya. Tiga jeriken ukuran 20 liter dibeli dengan harga Rp 10 ribu. ’’Setiap sore harinya, mobil pikup sudah keliling di jalan maupun di gang menjual air bersih,’’ sebutnya.

Sementara, untuk kebutuhan mandi maupun cuci pakaian warga mengandalkan air sumur. Ini untuk menghemat biaya. Menurut dia, di desa ada beberapa titik sumur. Tetapi bukan untuk konsumsi karena rasanya payau. ’’Mungkin karena letak geografis berdekatan dengan laut,’’ jelasnya.

Baca Juga :  M Nur Terpilih Jadi Ketua ABKIN Dompu

Sebenarnya pemerintah desa telah melakukan bor sumur dalam di desa setempat sebagai solusi. “Tapi rasa airnya tetap sama dengan air pada sumur warga,” ujarnya.

Sumur bor dalam itu hingga sekarang tetap dimanfaatkan warga setempat untuk keperluan mandi maupun cuci. Sebagai solusi, harapan dia, pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi mengalirkan air dari sumur bor dalam di Desa Darussalam menuju Desa Sanolo.

“Kalau itu bisa dilakukan, kebutuhan air bersih khusus untuk air minum bisa diatasi. Kita mau gunakan anggaran desa, selain butuh dana besar, juga tidak ada nomenklatur untuk sarana air bersih,” pungkasnya. (man/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/