Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Stok Aman tapi Petani di Bima Keluhkan Sulit Dapat Pupuk

Produsen Sebut Tak Ada Kelangkaan Pupuk di NTB

BIMA-Petani di Kabupaten Bima masih mengeluhkan kelangkaan pupuk. Hingga saat ini, petani masih kesulitan mendapat pupuk urea bersubsidi. Stok di sebagian kios atau agen pupuk bersubsidi masih kosong.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan pernyataan PT Pupuk Indonesia, selaku produsen. AVP Operasi dan Logistik PT Pupuk Indonesia (Persero) Bali dan Nusa Tenggara Edi Prasetia Sitepu menegaskan, tidak ada kelangkaan pupuk di NTB.

”Stok pupuk bersubsidi di NTB saat ini sangat aman. Stoknya cukup aman untuk pemenuhan kebutuhan petani,” kata Edi Sitepu, kemarin.

Untuk pemenuhan kebutuhan petani, PT Pupuk Indonesia terus mendatangkan pupuk. Belum lama ini, mereka telah mendatangkan pupuk dari Bontang dan Makassar untuk NTB.

Baca Juga :  Dukung Bongkar Mafia Pupuk di Bima, Kepala Distanbun Bima Siap Diperiksa

Untuk saat ini, kata dia, tersedia stok 20.795 ton pupuk bersubsidi di NTB. ”Kami masih kami terus mendatangkan kapal ke NTB. Dan kita sudah ploting pengapalan ke NTB sebesar 15.000 ton,” jelasnya.

Beberapa hari lalu, ada satu kapal yang bongkar muat pupuk di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Pupuk yang dimuat kapal curah itu sebanyak 4.293 ton. ”Sudah bongkar muat,” terangnya.

Mengenai penyelewengan penyaluran pupuk dari distributor ke agen di Kabupaten, dia menegaskan, bukan lagi kewenangan PT Pupuk Indonesia. Tugas pokok dan fungsi mereka hanya pengadaan dari lini satu sampai lini tiga.

”Kami hanya sampai pada gudang kabupaten saja. Saat distributor menebus pupuk di lini tiga, itu menjadi ranahnya PSO (Public Service Obligation),” tandas dia.

Baca Juga :  Pemkab Lobar Harus Cari Solusi Pembatasan Pupuk Subsidi

Salah seorang perani di Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima Fajrin mengaku kesulitan mendapat pupuk subsidi saat musim tanam. Stok di beberapa agen pupuk masih kosong. ”Kami dapat cuma dua sak hingga tiga sak. Belum ada lagi yang datang sekarang,” ungkapnya.  (jlo/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks