alexametrics
Selasa, 24 November 2020
Selasa, 24 November 2020

Perambah Hutan Soromandi Dompu Ditangkap

MATARAM-Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB menemukan kawasan hutan Soromandi RTK-15 di Desa Bara, Kecamatan Woja, Dompu, dirambah warga setempat. Hasil penyelidikan dan lacak balak kawasan hutan tersebut, penyidik PPNS Dinas LHK NTB menangkap warga setempat berinisial NSR alias Udin.

“Kita sudah tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasi Gakkum Dinas LHK NTB Astan Wirya, kemarin (29/10).

Tim Dinas LHK NTB menangkap Udin, Minggu (25/10) lalu. Saat penangkapan, petuhas sempat diprotes masyarakat. ”Warga Desa Bara menutup akses jalan umum,” tuturnya.

Masyarakat menuntut Udin dibebaskan dari jeratan hukum. Meski ada desakan, tidak membuat penyidik surut melanjutkan proses penyidikan. ”Kita tetap lanjut proses hukumnya,” kata dia.

Udin ditetapkan sebagai tersangka karena bukti yang didapatkan penyidik sudah cukup kuat. Dia tertangkap tangan menebang pohon di kawasan Hutan Soromandi RTK-55. ”Pelaku sedang membawa  chainsaw dan memecah kayu hasil tebangan,” bebernya.

Dari pengakuannya, Udin hanya menebang satu pohon saja. Namun, dari faka dan pemeriksaan saksi, pria  berusia 47 tahun itu menebang ratusan batang pohon.

Rencananya, kawasan hutan yang ditebang tersebut hendak dijadikan sebagai tempat pertanian dan perkebunan. ”Pengakuannya akan dibuat sebagai tempat ladang jagung,” kata dia.

Kasus tersebut menjadi atensi Balai Gakkum Jabal Nusra Kementerian LHK RI. Saat ini, berkas penyidikan tersangka Udin masih dalam tahap penyempurnaan. ”Tinggal memeriksa sejumlah saksi. Berkasnya kita kirim ke jaksa peneliti untuk berkoordinasi terkait pemberkasannya,” ujarnya.

Udin dijerat pasal 82 ayat (1) huruf c juncto pasal 12 huruf c Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. Serta pasal 78 ayat (5) juncto pasal 50 ayat (3) huruf e Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. (arl/r1)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Dewan Mataram Minta Pembagian Bantuan JPS Usai Pilkada

-Sejumlah anggota dewan meradang. Bukan karena tak setuju dengan bantuan JPS tahap enam. Tapi, mereka khawatir JPS ini ditunggangi kepentingan politik jelang Pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang.

Vividerm Sunblock Buatan Lombok yang Berhasil Go International

Sunblock atau pelindung kulit yang diproduksi Iwin Insani diklaim ramah lingkungan. Tidak memakai bahan kimia dan tidak merusak terumbu karang.

HARUM Tata Pesisir Mataram, Dorong Potensi Kelautan dan Pariwisata

Potensi besar dalam sektor kelautan di Mataram berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapi. Keberadaan nelayan dari muara Meninting di Utara hingga  pesisir Mapak di selatan menyisakan sejumlah  persoalan yang membutuhkan solusi komprehensip. Terutama menyangkut kesejahteraan nelayan dan penataan kawasan.

Kasus Dana Desa Sesait, Jaksa Temukan Indikasi Kerugian Lain

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram menemukan indikasi kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi penggunaan dana desa Sesait, Kabupaten Lombok Utara (KLU). ”Kita ada temukan indikasi kerugian negara selain dari hasil temuan Inspektorat (KLU),” kata Kajari Mataram Yusuf, kemarin (22/11).

Kapolda NTB Kembali Ingatkan Paslon Kada Patuhi Prokes

Setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah (kada) ditekankan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di masa kampanye. Tetapi, masih ada beberapa paslon yang abai. ”Saya peringatkan semua paslon untuk patuh terhadap protokol,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, kemarin (22/11).

Digitalisasi, Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Untuk bertahan di tengah pandemi ini, UMKM harus mau masuk ke dunia digital. Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi. Padahal saat ini banyak aplikasi digital yang memudahkan para pelaku UMKM untuk bertransaksi.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Korona Meningkat, Libur Panjang Akhir Tahun Ini Bisa Dibatalkan

Pemerintah mempertimbangkan untuk memperpendek atau meniadakan sama sekali libur panjang pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020 ini jika penerapan protokol kesehatan pada liburan Maulid Nabi akhir Oktober lalu dianggap tidak efektif.
00:06:43

VIDEO : Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pringgasela Lotim

Peredaran gelap narkoba di Provinsi NTB benar-benar mengkhawatirkan. Pera pelakunya menggunakan beribu macam cara. Bahkan sudah ada yang memproduksi barang haram itu di daerah ini. Polisi sudah berhasil membongkarnya.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Akhirnya Subsidi Gaji untuk Guru Honorer Cair

Bantuan subsidi upah (BSU) untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai dicairkan. Untuk mempermudah pencairan, PTK penerima sudah dibuatkan rekening baru. Tinggal melengkapi persyaratannya.
Enable Notifications    OK No thanks