alexametrics
Selasa, 4 Agustus 2020
Selasa, 4 Agustus 2020

Konsumen Harus Cerdas dalam Memilih

MATARAM-Untuk menjadikan masyarakat sebagai konsumen yang cerdas, Dinas Perdagangan NTB memberikan edukasi kepada generasi milenial. Itu karena peran kaula muda pada segmen konsumsi sangatlah besar. ”Ini kami lakukan agar tidak ada kasus seperti yang kerap menimpa konsumen di kota-kota besar di Indonesia. Setidaknya harus ada sosialiasi terkait hal ini,” kata Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) NTB M Taufik Rahman.

Dia menyebut, banyak konsumen yang tidak tahu hak mereka sebelum berbelanja. ”Dan hal ini kebanyakan terjadi di pusat-pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Dijelaskan ada delapan hak konsumen dan empat kewajiban konsumen yang tidak banyak diketahui. Hak-hak dan kewajiban tersebut banyak tertuang dalam UU Nomor 8 tahun 1999. ”Dan kami ingin konsumen memiliki andil dan peran dalam menyeleksi berbagai produk yang beredar di pasaran. Jika mereka ikut andil, hal ini akan membantu mereka dikemudian hari,” tutur pria yang pernah menjabat  Kepala UPTD BP3ED Disdag tersebut.

Satu contoh, banyak konsumen yang tertipu saat berbelanja melalui toko online. Yang diinginkan barang A, tetapi yang didapatkan malah barang B. ”Jika semua pihak sudah sadar akan hal ini, kami yakin masyarakat akan bisa memilih barang yang benar dan baik,” ujarnya.

Kevin, salah seorang pelajar mengatakan, edukasi terkait konsumen yang diadakan Disdag di dalam pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall (LEM) sangat bermanfaat. Dengannya dia mengetahui hak dan kewajiban konsumen saat melakukan transaksi. ”Ini sangat membantu,” katanya pada Lombok Post, kemarin. (tea/r9/*)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Ingin Terapkan SKS, Dua SMA Berguru ke SMAN 5 Mataram

”Alhamdulillah, kami disambut baik,” kata Kepala SMAN 1 Kota Bima Dedy Rosadi, pada Lombok Post, disela kegiatan di SMAN 5 Mataram, Senin (3/8/2020).

Satu Hakim Tipikor Mataram Positif Terjangkit Covid-19

Satu hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor pada PN Mataram dinyatakan positif Covid-19. Kendati demikian, persidangan tetap digelar. ”Sidang tetap berjalan,” kata Ketua PN Mataram Sri Sulastri, Senin (3/8).

Berstatus Zona Oranye, Provinsi Tak Setuju Rencana Lotim Buka Sekolah

”Menurut aturan yang diperbolehkan (belajar tatap muka,Red) hanya zona hijau. Di NTB ini tidak ada satupun kabupaten dan kota yang berstatus zona hijau,” tegasnya.

Kubur Mahasiswi Unram Dibongkar, Dalami Dugaan Pembunuhan

Polresta Mataram berupaya memecahkan misteri penyebab kematian gadis berinisial LNS. Kuburan perempua yang ditemukan tergantung di salah satu perumahan di Jampung, Mataram ini diotopsi, Senin (3/8).

PKKMB Jalur SNMPTN Unram Secara Daring Dibuka

"Saudara-saudara patut bersyukur karena telah diterima menjadi keluarga besar Universitas Mataram melalui jalur SNMPTN,” kata Husni saat membuka sambutan dengan live streaming, Senin (3/8/2020).

Idul Adha, BNI Syariah Salurkan 530 Hewan Kurban Rp 4,26 Miliar

“Idul Adha tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, kata Direktur Utama (Dirut) BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Tertangkap di Bandara Lombok, Satpam Selundupkan Sabu dari Batam

Pria asal Batam berinisial AK, 47 tahun dibekuk tim khusus Ditresnarkoba Polda NTB, Minggu (2/8). Pria yang bekerja  sebagai satpam itu ditangkap setelah turun dari pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Pathul Bahri, Pasrah Bila tak Diusung Golkar

HL Pathul Bahri enggan menanggapi hasil survei beberapa lembaga yang menempatkan elektabilitasnya nyaris di bawah satu digit. Salah satunya survei Olat Maras Institute yang menempatkannya di angka 13,9 persen. “Ya itu urusan di sana,” katanya.

NTB Waspada, Penularan Korona Terdeteksi di Usaha Rumahan

Penularan virus Korona di NTB kian tidak terkendali. Transmisi lokal kian merajalela. Hampir tidak ada ruang yang bebas dari penularan virus. Bahkan rumah pun mulai tidak aman. Terutama bagi mereka yang membuka usaha di rumah.

H Mohan Roliskana Gagas Nama Jalan HL Mudjitahid di Mataram

“Siapapun dia yang mengenal sosok Mamik Mudji pastilah sepakat, bahwa beliau adalah orang tua yang baik, selalu memberi nasehat, memotivasi, menginspirasi kita dan mengajarkan kita tentang semangat untuk selalui menjaga silaturahmi,” ujar Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana kemarin
Enable Notifications.    Ok No thanks