alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Nasib PPKM Level 4 Diumumkan Hari Ini, Begini Harapan Pengusaha Mal

Masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada hari ini, Senin, 2 Agustus 2021. Kabarnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkannya langsung mengenai nasib PPKM tersebut pada hari ini, Senin (28).

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja berharap terdapat pelonggaran bagi pusat perbelanjaan atau mal dapat beroperasi kembali setelah dilakukan pembatasan dan penutupan di beberapa wilayah zona merah Covid-19.

“Pusat Perbelanjaan berharap ada pelonggaran dan mulai besok dapat beroperasi kembali,” ujarnya saat dihubungi oleh JawaPos.com, Senin (2/8/21).

Menurutnya, selama pandemi ini pihaknya telah menjalankan intruksi pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 di pusat perbelanjaan. Mulai dari pembatasan kapasitas pengunjung di setiap tenant, hingga pengaturan kapasitas lift.

“Pusat perbelanjaan telah dapat membuktikan memiliki kemampuan dan keseriusan dalam memberlakukan serta menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat, disiplin dan konsisten,” tuturnya.

Baca Juga :  Pelonggaran dari Pemerintah Masih Kurang Memuaskan Penguasa Mal

Alphonzus menambahkan, pusat perbelanjaan selalu berkomitmen untuk menjadi salah satu fasilitas masyarakat yang aman dan sehat untuk dikunjungi.

Sebelumnya, Dirjen Bina Administrasi dan Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal mengatakan terkait keputusan PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Presiden RI. “Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI,” ujar Syafrizal kepada wartawan, Senin (2/8/21).

Syafrizal mengatakan, keputusan yang bakal diambil oleh pemerintah telah diperhitungkan secara matang. Dengan mempertimbangkan aspek keselamatan masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di tanah air.

“Kebijakan yang diambil pemerintah tentunya mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dimana tetap menempatkan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi,” katanya.

Syafrizal menuturkan, Kemendagri mengikuti keputusan dari Presiden Jokowi apakah nantinya akan memperpanjang masa berlaku PPKM Level 4 atau tidak. “Kemendagri beserta seluruh tingkatan pemerintahan, mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota sampai dengan kelurahan dan desa berada dalam satu tekad untuk mensukseskan kebijakan apapun yang diambil oleh Bapak Presiden,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mudik Dilarang, DAMRI Mataram Terpaksa Rumahkan Sejumlah Karyawan

Meski Presiden Jokowi belum mengumumkan ada atau tidaknya perpanjangan PPKM Level 4, Syafrizal berpesan kepada masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan sesuai yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Imbauan disampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Sejumlah daerah menerapkan level PPKM berbeda sesuai dengan kategori yang diatur pemerintah. PPKM di Jawa-Bali didominasi Level 3-4. Sementara di luar Jawa-Bali, daerah-daerah menerapkan PPKM beragam dari Level 2 hingga 4.

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/