alexametrics
Rabu, 25 November 2020
Rabu, 25 November 2020

Minim Kunjungan, GHA Coba Hadirkan Event Gaet Wisatawan Domestik

MATARAM–Libur panjang akhir Oktober tak banyak berdampak pada angka kunjungan di Gili Trawangan. Lalu Kusnawan, ketua Gili Hotel Association (GHA) mengatakan, angka keterisian kamar berkisar pada angka 10 persen saja.

”Terlihat bahwa libur panjang kemarin bisa memberi pengaruh meski tak signifikan,” tegasnya, kepada Lombok Post, Minggu (1/11/2020).

Tak ingin berlama-lama terpuruk, GHA mencoba membangkitkan semangat pelaku usaha setempat. Pihaknya siap menghadirkan event bertajuk Pekenan Daya Gunung, Ngemunggahan Warisan Gumi Sasak. Rencananya event ini akan digelar Sabtu dan Minggu akhir bulan mendatang. ”Sebelumnya market kami didominasi mancanegara. Event ini menjadi upaya penetrasi pasar baru dengan wisatawan domestik,” katanya.

Mengenalkan khazanah kebudayaan Indonesia, pihaknya menggandeng Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) beserta komunitas batu permata. Kedua sektor ini dinilai memiliki pasar yang kuat dan tetap potensial di Indonesia. Sehingga bisa menjadi pasar yang menjanjikan pada masa yang akan datang. “Persiapannya sejauh ini sudah 60 persen,” katanya.

Nantinya akan ada workshop  pengetahuan tentang perkerisan Bali dan Lombok. Ada juga bursa keris dan batu permata, pameran kerajinan dari tiga gili, pasar rakyat, dan pagelaran budaya dan kesenian Lombok Utara.

Diharapkan perputaran uang selama kegiatan bisa menggerakkan kembali roda perekonomian di wilayah ini. ”Semua potensi daerah, produk kuliner UMKM lokal, pelaku usaha akomodasi dan transportasi bisa diwadahi dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Acara akan digelar tanpa hiburan. Ia memastikan protokol penegakan Covid-19 bisa tetap dijalankan. Pihaknya pun berencana mengundang seluruh SKPD Lombok Utara dan provinsi sebagai partisipan. ”Dukungan SKPD terkait, pasti bisa memberikan imbas positif yang signifikan bagi pelaku usaha di Gili,” katanya.

Koordinator Wilayah SNKI NTB Syafari Habibi merasa antusias bisa bekerja sama dalam perhelatan event ini. Dengan mendatangkan anggotanya ke gili, diharapkan kandungan ekonomis yang dibawa bisa memberikan geliat ekonomi baru. ”Ini kan penghobi kalangan menengah ke atas. Sehingga mengandung nilai ekonomi,” ujarnya meyakini. (eka/r9)

 

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Banyak Dijual ke Luar Daerah, Harga Bahan Pokok di Mataram Naik

”Yang buat mahal itu harganya karena banyak dikirim ke luar daerah. Di sana harganya jauh lebih menjanjikan jadi pedagang memilih kirim ke sana juga,” ujarnya.

Guru Garda Terdepan Pencegahan Korona di Sekolah

”Kalau guru tidak disiplin atau lengah, maka saya tidak bisa bayangkan, apa yang akan terjadi pada anak-anak kita,” ujar Pembina BKP PGRI NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Belajar dari Pengalaman Langsung Kesembuhan Penyintas COVID-19

Pola makan dengan asupan makanan tinggi kalori dan tinggi protein merupakan treatment yang dianjurkan saat terkena COVID-19. Hal ini berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

XL Axiata Raih Dua Penghargaan Internasional

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali berhasil mendapatkan penghargaan tingkat internasional.

Dosen Fisika Unram Gelar Pelatihan HOTS Daring

”Ini (pelatihan, Red) dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pembelajaran siswa di tengah wabah Pandemi Covid-19,” kata Ni Nyoman Sri Putu Verawati, ketua tim dosen, kemarin (23/11).

Dewan Mataram Minta Pembagian Bantuan JPS Usai Pilkada

-Sejumlah anggota dewan meradang. Bukan karena tak setuju dengan bantuan JPS tahap enam. Tapi, mereka khawatir JPS ini ditunggangi kepentingan politik jelang Pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.
00:06:43

VIDEO : Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pringgasela Lotim

Peredaran gelap narkoba di Provinsi NTB benar-benar mengkhawatirkan. Pera pelakunya menggunakan beribu macam cara. Bahkan sudah ada yang memproduksi barang haram itu di daerah ini. Polisi sudah berhasil membongkarnya.

Korona Meningkat, Libur Panjang Akhir Tahun Ini Bisa Dibatalkan

Pemerintah mempertimbangkan untuk memperpendek atau meniadakan sama sekali libur panjang pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020 ini jika penerapan protokol kesehatan pada liburan Maulid Nabi akhir Oktober lalu dianggap tidak efektif.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Kisah Sukses Juragan Lobster NTB : Sekali Panen Rp 1 Miliar

Budi daya lobster sungguh menjanjikan. Inilah hikayat mereka-mereka yang hidupnya berbalik 180 derajat karena lobster. Sekali panen, ratusan juta hingga Rp 1 miliar bisa...
Enable Notifications    OK No thanks