alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

PIM NTB Hadir, Kembangkan Potensi Daerah dan Perempuan

MATARAM- Kehadiran DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) NTB berkomitmen mewadahi pengembangan daerah sesuai potensinya masing-masing. Ketua DPD PIM NTB terpilih periode 2021-2026, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, PIM NTB akan membangun sinergitas dan selaras dengan program pemerintah yang beragam. Terlebih, PIM sendiri mempunyai fokus di beberapa bidang antara lain kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata, lingkungan hidup, dan kesejahteraan perempuan. “Kita ingin bersama-sama memajukan perekonomian khususnya perempuan di NTB,” ujar Ketua DPD PIM NTB terpilih periode 2021-2026, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi dalam sambutan usai dilantik, Kamis, (1/4) lalu.

Anggota PIM NTB hadir dari berbagai latar belakang profesi yang beragam. Seluruhnya memiliki komitmen yang sama dan peduli akan kegiatan-kegiatan sosial. Ia mengatakan, perempuan-perempuan NTB memiliki potensi besar diberdayakan. Dan perempuan sebagai ibu rumah tangga memiliki peran strategis dalam banyak hal. “Sesuai tagline kami, perempuan maju menjaga ekonomi keluarga,” imbuhnya.

Sebelum pelantikan dilaksanakan, pihaknya telah menggelar dua program. Diantaranya menyelenggarakan workshop dengan kapasitas peserta sebanyak 20 orang bersama OJK NTB. Mereka adalah pedagang kuliner kaki lima di sekitar Pantai Ampenan. Nantinya akan menjadi pilot project dari PIM yang akan dibina untuk memaksimalkan kebersihan dan kesehatan lapak. “Minimal mereka bisa menerapkan dan menyediakan peralatan protokol kesehatan yang layak,” jelasnya.

Baca Juga :  Pasangan BARU Operasikan Dua Ambulans untuk Kampanye Sehat

Selanjutnya, Ada sekitar 50 UKM pemula yang bernaung dibawah PIM dibimbing mengurus izin usaha dan promosi produk. Dari 50 orang pemilik UMKM, 26 orang yang datanya sudah dikirim ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan masuk ke marketplace. Diharapkan, seluruh UMKM dapat membangun eksistensi dan promosi lebih luas di seluruh marketplace milik dinas dan instansi di NTB. Muaranya, para pelaku UMKM dapat bangkit, sekaligus memperbaiki roda perekonomian masyarakat di tengah masa pandemi. “Kita bisa memasukkan UMKM yang tentu sudah dikurasi, sudah ada standar dan izin yang diperoleh. Hingga dapat bersaing dengan baik,” ujarnya.

Ketua PIM Pusat, Lana T Koenjoroe yang hadir langsung dalam prosesi pelantikan mengapresiasi hadirnya PIM di NTB. Ini adalah pelantikan ketiga pengurus PIM provinsi di Indonesia. Di tingkat pusat, PIM sendiri sudah bekerjasama dengan kementerian-kementerian dan lembaga di Indonesia. Program-program yang ada di Kementerian dan Lembaga, bisa diselaraskan dengan kebutuhan di daerah untuk pemberdayaan perempuan setempat. “Jika bicara soal PIM, erat kaitannya dengan keinginan perempuan untuk terus maju. Semoga apa yang akan kita lakukan selanjutnya bisa membawa kemajuan untuk perempuan di NTB,” jelasnya. (eka)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/