alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Ekonomi NTB Triwulan I Bagus, Semoga Triwulan II Lebih Bagus

MATARAM-Pertumbuhan kinerja ekonomi triwulan I 2021 tercermin pada sektor pertanian. Didorong panen padi yang puncaknya terjadi Maret lalu dengan produktivitasnya yang juga meningkat.

Hal serupa juga terjadi di sektor pertambangan yang meningkat secara yoy. Juga sektor konstruksi berkat pembangunan proyek besar pemerintah seperti bendungan, Jalan Bypass BIL-Mandalika, dan Sirkuit Mandalika. Perbaikan ekspektasi ekonomi juga terlihat di sisi konsumen. ”Pada bulan April 2021, data Indeks Keyakinan Konsumen mengalami peningkatan dibandingkan dengan Maret 2021 di angka 99, hampir mencapai level optimis di angka 100,” papar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB Heru Saptaji.

Tak kalah penting, mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekspor komoditas unggulan nontambang. Sebab NTB memiliki potensi ekspor nontambang seperti kopi, vanili, lobster, mutiara, teripang, ikan segar, kerajinan ketak, dan sarang burung walet.

Pihaknya juga terus mendorong daya beli masyarakat kalangan bawah melalui operasi pasar murah. Yang disediakan adalah daging sapi, daging ayam, telur, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, beras, minyak goreng, dan gula. ”Hal ini juga sebagai upaya dari aspek pengendalian inflasi di NTB,” ujarnya.

Deputi Kepala Perwakilan BI NTB Iwan Kurniawan menambahkan, prospek ekonomi pada triwulan II diperkirakan terus membaik. Untuk keseluruhan tahun 2021, ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi masih akan bias tanpa disadari dari proyeksi sebelumnya dalam rentang 4,3-4,8 persen.

Itu seiring semakin positifnya beberapa indikator global, domestik, dan lokal NTB dengan inflasi yang tetap terjaga pada kisaran target yaitu 3+1 persen. ”Terpenting kami bersinergi dengan pemerintah daerah, kementerian/lembaga, dan stakeholder terkait lainnya dalam kerangka pemulihan ekonomi NTB melalui strategi yang bersifat inklusif dan subtantif,” imbuhnya. (eka/r9)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks