alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Dampak Korona, Empat Hotel Berbintang di Mataram Tutup

MATARAM-Sejumlah hotel berbintang di Kota Mataram mengambil keputusan menutup sementara operasionalnya. ”Kalau di data kami ada empat hotel yang tutup sementara dari anggota Asosiasi Hotel Mataram (AHM),” kata Ketua AHM  Yono Sulistyo pada Lombok Post, kemarin (6/4).

Rinciannya, di Kecamatan Selaparang tiga hotel dan Kecamatan Cakranegara satu hotel. Hotel yang dimaksud meliputi, Hotel Santika, Hotel Madani, Hotel Lombok Astoria, dan Hotel Golden Palace.

Kini tersisa 21 hotel anggota AHM yang masih beroperasi. Mereka juga menghadapi situasi yang tak baik. ”Rata-rata okupansi hotel di Kota Mataram tak sampai lima persen,” jelasnya.

Tak tercapainya secara maksimal okupansi hotel ini jelas mengganggu jalannya bisnis. Dengan angka keterisian kamar yang minim, tak bisa menutup biaya operasional hotel. ”Kalau terus memburuk kondisinya, bisa saja Bulan Mei bertambah yang tutup sementara,” tuturnya.

Baca Juga :  Usul Jamkes Pekerja Dikelola BPJS Ketenagakerjaan

Ketua IHGMA Chapter Lombok Ernanda D Agung mengatakan dalam kondisi ini hotel sangat terdampak. Dia mengingatkan, di NTB ini banyak hotel yang menjadi sumber penghasilan ribuan karyawan.

Bila dirata-ratakin mungkin yang sudah terdampak dan mengambil sikap tutup sementara sekitar 16 persen hotel di NTB. Dia mendorong semua pihak ambil bagian dalam penyelesaian Covid-19 sebagai sumber masalah tersebut. ”Kalau jumlah hotel anggota IHGMA yang tutup sementara belum terkonfirmasi. Masih berubah datanya,” kata pria yang menjabat GM Golden Palace itu. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/