alexametrics
Minggu, 9 Agustus 2020
Minggu, 9 Agustus 2020

Hotel di Mataram Mulai Ramai, Didominasi Pebisnis dan Pegawai

MATARAM-Setelah beberapa bulan tutup akibat covid-19, hotel-hotel mulai kedatangan tamu. ”Lumayan, teman-teman di kota sudah mulai, di Senggigi juga kemarin ramai,” kata Ketua Kehormatan PHRI NTB I Gusti Lanang Patra, Rabu (7/7).

Kembali hidupnya perhotelan didukung kegiatan masyarakat lokal. Termasuk rapat-rapat pemerintah. Tapi beberapa orang tamu dari luar daerah juga sudah mulai berdatangan. ”Lokalnya ada wisatawan domestik (nusantara) juga mulai ada,” katanya.

Jika dirata-ratakan, tingkat hunian hotel atau okupansi antara 1-15 persen. Peningkatan hunian disebabkan beberapa maskapai sudah mulai membuka penerbangan. ”Kalau tidak ada penerbangan ya tidak bisa naik,” katanya.

Sebagian besar tamu yang datang untuk urusan bisnis dan dinas pemerintahan. ”Wisatawan juga ada beberapa orang,” jelasnya.

Guna meningkatkan hunian hotel, mereka terus melakukan promosi tentang kesiapan semua aspek di NTB yang sudah siap menyambut new normal. ”Kami berusaha meyakinkan konsumen dengan kesiapan kami,” katanya.

Dengan pandemi covid-19, para pengelola hotel harus mulai membiasakan diri dengan aturan-aturan baru selama new normal. ”Sebab kita memasuki tatanan baru,” katanya.

Lanang memastikan, hotel-hotel di NTB sudah siap menyambut new normal. ”Panduan dan SOP sudah jauh hari kita siapkan DPP PHRI di Jakarta,” katanya.

SOP-SOP yang dirumuskan PHRI, Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah mereka sesuaikan dengan hotel masing-masing. Karena itu, para pengelola hotel di NTB sangat siap menyambut penerapan tatanan baru di masa pandemi covid-19. ”Mereka sangat antusias,” katanya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Awanadhi Aswinabawa menambahkan, para pelaku industri pariwisata mau tidak mau harus berbenah dan mengikuti standar pelayanan baru.  ”Kita harus siap-siap lagi untuk promosi dan pemasaran,” serunya.

Dalam kondisi saat ini, wisatawan mancanegara atau luar daerah tidak bisa diharapkan. Karena itu, gairah wisatawan lokal harus dibangkitkan.

”Menggalakkan banyak kegiatan turisme lokal. Artinya orang Mataram, Ampenan, dan Cakranegara liburanlah ke Sekotong, Trawangan atau Sembalun,” jelasnya.

Dengan begitu pelaku industri pariwisata terlatih menerapkan protokol covid-19. Selain itu, masyarakat lokal NTB akan lebih banyak mengenal potensi wisatanya sendiri.

Ke depan, ketika pintu Indonesia dibuka, NTB sudah siap menyambut wisatawan asing. Awan mengakui, masa pandemi menjadi masa paling sulit bagi pelaku pariwisata. Jika menjalankan usaha seperti biasa, virus korona mengancam. ”Tapi kalau terlalu lama diam kita bisa mati kelaparan,” katanya. (ili/r5)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Satu Tenaga Kesehatan Positif Korona Sejumlah Ruang RSUD Bima Ditutup

Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di RSUD Bima ternyata sudah ada yang terpapar Covid-19.  Informasi yang berhasil dihimpun, ada sembilan yang terdiri dari Nakes dan pegawai RSUD Bima yang terpapar.

Positif Korona Tenaga Kesehatan di Kota Bima Merasa Ditelantarkan

KOTA BIMA-Tenaga kesehatan (Nakes) yang diisolasi di PKM Paruga beberapa waktu lalu merasa ditelentarkan. Para mengaku tidak mendapat pelayanan maksimal selama isolasi.

Tenaga Kesehatan Tolak Tracing Korona, Pemkot Bima Libatkan Aparat

Pemerintah Kota Bima akan melakukan upaya tracing paksa terhadap puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang telah dinyatakan positif covid-19 beberapa waktu lalu. TNI dan Polri pun akan dilibatkan, jika tetap menolak.

Arab Saudi Naikkan Pajak, Biaya Umrah Membengkak

JAKARTA–Ketika penyelenggaraan umrah nanti dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi, harga paket yang dijual ke masyarakat berpotensi naik. Sebab, Saudi menaikkan pajak pertambahan nilai (PPN) hingga 100 persen alias dua kali lipat.

Birokrasi Online, Optimalisasi Pelayanan di Tengah Pandemi Covid-19

BIROKRASI berasal dari kata “bureau” yang berarti meja atau kantor; dan kata “kratia” (cratein) yang berarti pemerintah. Birokrasi berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli adalah suatu sistem kontrol dalam organisasi yang dirancang berdasarkan aturan-aturan yang rasional dan sistematis, dan bertujuan untuk mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas kerja individu dalam rangka penyelesaian tugas-tugas administrasi berskala besar.

Longgarkan Aturan, Pemerintah Nekat Buka Sekolah di Zona Kuning

Pemerintah akhirnya mengambil keputusan nekat terkait pembukaan sekolah. Mulai kini, proses pembelajaran tatap muka tak hanya dibolehkan untuk sekolah di zona hijau tapi juga zona kuning. Ketentuan ini diatur dalam SKB empat menteri tentang kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang disesuikan.

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Peredaran Gelap Tramadol di Gomong Mataram, Lima Orang Ditangkap

Tim Satnarkoba Polresta Mataram menggerebek rumah pengedar obat-obatan daftar G di Gomong, Mataram, Rabu (5/8). Sebanyak lima orang ditangkap. ”Dua pembeli, satu perempuan sebagai  penyedia, dan dua penjual,” kata Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson usai penggerebekan.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

VIDEO : Otopsi Kunci Pengungkapan dugaan Pembunuhan LNS

Polresta Mataram berupaya memecahkan misteri penyebab kematian gadis berinisial LNS. Kuburan perempua yang ditemukan tergantung di salah satu perumahan di Jampung, Mataram ini diotopsi, Senin (3/8).
Enable Notifications.    Ok No thanks