alexametrics
Selasa, 24 November 2020
Selasa, 24 November 2020

Kuartal III, Ekonomi NTB Diproyeksi Tumbuh

GIRI MENANG–Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB Heru Saptaji memperkirakan kondisi ekonomi NTB sepanjang tahun 2020 akan tetap tumbuh. ”Ada secercah harapan bagi ekonomi NTB,” katanya.

Dia lantas memaparkan data perekonomian NTB triwulan II 2020. Pada sisi permintaan, penurunan terjadi pada lini konsumsi rumah tangga, investasi, dan konsumsi pemerintah. Sedangkan pada ekspor dan impor justru menunjukkan sisi positif. Ekspor didorong oleh ekspor tembaga, dan impor didukung dengan adanya impor mesin untuk konstruksi dan pertambangan. Serta bahan baku gula oleh industri gula di NTB.

Untuk sisi penawaran, tercatat kinerja sektor perdagangan, konstruksi dan transportasi mengalami konstraksi terbesar. Hal ini akibat pembatasan mobilisasi masyarakat selama pandemi. Meski demikian, kinerja setor pertanian dengan pangsa pasar 27,53 persen mampu tumbuh hingga 7,87 persen (yoy). Sektor pertambangan dengan pangsa pasar 16,90 persen juga tumbuh hingga 47,78 persen. Sehingga PDRB NTB menunjukkan kontraksi dengan laju pertumbuhan -1,41 persen (yoy).

”Angka ini jauh lebih baik jika dibanding nasional yang terkontraksi hingga -5,32persen,” katanya.

Sektor pariwisata dan perdagangan paling terpengaruh Covid-19 pada triwulan I dan II. Namun, pada triwulan III  mulai menunjukkan optimisme perbaikan. Tercermin dari hasil survei konsumen (SK) dan survei pedagang eceran (SPE) dan mobility indeks yang dilakukan Bank Indonesia. ”Penerapan new normal mendukung peningkatan pada aktifitas ekonomi triwulan III,” katanya.

Sektor konstruksi juga diperkirakan akan meningkat cukup baik. Karena indikator penjualan semen yang terus naik dan penyelesaian pembangunan fasilitas pendukung MotoGP. Sayangnya, pertumbuhan sektor konstruksi yang lebih tinggi harus tertahan akibat terkendala proses tender pada proyek bypass BIL. Ditambah negosiasi penundaan pembangunan smelter pada PT AMNT. ”Dengan penyelesaian sejumlah proyek strategis tadi, dapat  diperkirakan sektor ini akan rebound pada triwulan III,” ujarnya.

Pihaknya memproyeksikan ekonomi NTB sepanjang 2020 tetap tumbuh. ”Proyeksi pertumbuhan ekonomi NTB 2020 arahnya di atas angka 0.  Dan secara agregat terlihat pada kisaran yang memiliki optimisme harapan untuk berkembang,” jelas Heru. (eka/r9)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Dewan Mataram Minta Pembagian Bantuan JPS Usai Pilkada

-Sejumlah anggota dewan meradang. Bukan karena tak setuju dengan bantuan JPS tahap enam. Tapi, mereka khawatir JPS ini ditunggangi kepentingan politik jelang Pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang.

Vividerm Sunblock Buatan Lombok yang Berhasil Go International

Sunblock atau pelindung kulit yang diproduksi Iwin Insani diklaim ramah lingkungan. Tidak memakai bahan kimia dan tidak merusak terumbu karang.

HARUM Tata Pesisir Mataram, Dorong Potensi Kelautan dan Pariwisata

Potensi besar dalam sektor kelautan di Mataram berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapi. Keberadaan nelayan dari muara Meninting di Utara hingga  pesisir Mapak di selatan menyisakan sejumlah  persoalan yang membutuhkan solusi komprehensip. Terutama menyangkut kesejahteraan nelayan dan penataan kawasan.

Kasus Dana Desa Sesait, Jaksa Temukan Indikasi Kerugian Lain

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram menemukan indikasi kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi penggunaan dana desa Sesait, Kabupaten Lombok Utara (KLU). ”Kita ada temukan indikasi kerugian negara selain dari hasil temuan Inspektorat (KLU),” kata Kajari Mataram Yusuf, kemarin (22/11).

Kapolda NTB Kembali Ingatkan Paslon Kada Patuhi Prokes

Setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah (kada) ditekankan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di masa kampanye. Tetapi, masih ada beberapa paslon yang abai. ”Saya peringatkan semua paslon untuk patuh terhadap protokol,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, kemarin (22/11).

Digitalisasi, Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Untuk bertahan di tengah pandemi ini, UMKM harus mau masuk ke dunia digital. Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi. Padahal saat ini banyak aplikasi digital yang memudahkan para pelaku UMKM untuk bertransaksi.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Korona Meningkat, Libur Panjang Akhir Tahun Ini Bisa Dibatalkan

Pemerintah mempertimbangkan untuk memperpendek atau meniadakan sama sekali libur panjang pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020 ini jika penerapan protokol kesehatan pada liburan Maulid Nabi akhir Oktober lalu dianggap tidak efektif.
00:06:43

VIDEO : Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pringgasela Lotim

Peredaran gelap narkoba di Provinsi NTB benar-benar mengkhawatirkan. Pera pelakunya menggunakan beribu macam cara. Bahkan sudah ada yang memproduksi barang haram itu di daerah ini. Polisi sudah berhasil membongkarnya.

Akhirnya Subsidi Gaji untuk Guru Honorer Cair

Bantuan subsidi upah (BSU) untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai dicairkan. Untuk mempermudah pencairan, PTK penerima sudah dibuatkan rekening baru. Tinggal melengkapi persyaratannya.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...
Enable Notifications    OK No thanks