alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Warga Mataram Antusias Tukar Uang Baru di Pelayanan Kas Keliling BI

MATARAM-Masyarakat Kota Mataram antusias melakukan transaksi penukaran uang baru pecahan kecil melalui kas keliling yang disiapkan Bank Indonesia (BI) di Taman Sangkareang, Kota Mataram, Selasa (12/4/2022).

Dari pantauan Lombok Post, ada pemandangan yang tak biasa saat menukarkan uang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Antrian mengular tak tampak disana. Meski sedari pagi sejumlah masyarakat datang silih berganti menukarkan uang mereka. Ternyata sebelum menukar uang, masyarakat lebih dahulu mendaftar di laman website Bank Indonesia.

“Sekarang gak perlu antri lama-lama, karena untuk menukar ini (uang baru pecahan kecil, red) sebelumnya harus daftar dulu di laman website Bank Indonesia https://pintar.bi.go.id,” ucap Erna warga Sayang-sayang, Kota Mataram.

Meski masih awal berpuasa di bulan Ramadan, ibu satu anak ini sengaja mempersiapkan lebih dulu uang baru pecahan kecil dengan nominal Rp 3,7 juta lantaran persiapan mudik ke Pulau Jawa.

“Agar tidak repot tukar sana sini,” singkatnya.

Syahidin, warga lainnya menambahkan, sisi lain tentu sambut baik penukaran uang baru yang lebih dahulu daftar dalam website tersebut. Namun, sosialisasi dinilai harus lebih masif dilakukan. Mengingat masih ada masyarakat belum mengetahui.

Baca Juga :  Selama MotoGP, BI Siapkan Rp 682 Miliar

Para petugas pelayanan kas keliling dengan senang hati menuntun masyarakat untuk mendaftar lebih dulu.

“Jadi tadi yang mau menukar akhirnya daftar dulu untuk dijadwalkan penukaran pada tanggal 19 April dengan maksimal penukaran Rp 500 ribu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia NTB Heru Saptaji mengatakan, dalam mendorong digitalisasi layanan penukaran uang, maka masyarakat yang akan menukarkan uangnya baik penukaran uang rusak ke Bank Indonesia atau uang ke layanan kas keliling ritel untuk terlebih dahulu mendaftar di aplikasi PINTAR dengan mengakses https://pintar.bi.go.id.

Aplikasi PINTAR merupakan inovasi pemesanan penukaran uang kas keliling dilakukan dengan penyediaan pemesanan secara daring. Sehingga masyarakat semakin nyaman, mudah, dan memperoleh kepastian atau keakuratan jumlah serta kualitas uang yang ditukarkan.

“Aplikasi ini ada di seluruh Indonesia, baik di kantor pusat maupun kantor perwakilan BI. Jadi silakan nanti dicoba untuk menggunakan layanan ini,” tuturnya.

Selain itu, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai Rp 3,089 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Provinsi NTB. Penyediaan uang tunai tahun ini meningkat 1,7 persen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  2022 BRI Optimistis Kredit Perbankan Tumbuh Lebih Tinggi

“Bank Indonesia siapkan Rp 3,089 triliun dengan rincian uang pecahan besar (UPB) Rp 2,9 triliun dan uang pecahan kecil (UPK) Rp 189 miliar. Peningkatan ini karena BI memproyeksikan kebutuhan sebanyak Rp 2,702 triliun dengan rincian UPB Rp 2,535 triliun dan UPK Rp 167 miliar,” ucap Heru.

Guna memastikan kebutuhan uang rupiah tersedia dalam jumlah cukup dan kualitas layak edar, maka BI berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh perbankan di wilayah NTB. Dengan membuka layanan penukaran uang sebanyak 112 titik layanan.

“Bank Indonesia juga membuka layanan penukaran uang rusak setiap hari Kamis di kantor BI. Serta membuka kembali layanan kas keliling ritel pada tanggal 12, 14, 18, 19, 25 dan 26 April di Taman Sangkareang pukul 10.00-13.00 WITA,” tandas mantan kepala KPw Bank Indonesia Tasikmalaya ini. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/