alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Tarif Naik, Hotel Melati Janji Tingkatkan Fasilitas Jelang MotoGP

MATARAM-Hotel melati dipastikan menaikkan tarif selama Maret mendatang. Perhelatan MotoGP dianggap menjadi peluang yang sayang untuk dilewatkan.

Di sisi lain  pengusaha juga berjanji meningkatkan fasilitas dan pelayanan. ”Menaikkan harga juga harus dibarengi perbaikan kualitas dan fasilitas,” tegas Gede Wenten, ketua Perhimpunan Hotel Melati Kota Mataram, Senin (17/1).

Pihaknya juga tengah berunding dengan para anggota. Terkait pembuatan keseragaman fasilitas apa saja yang akan diberikan hotel melati usai adanya kenaikan harga. Salah satunya adalah pemberian fasilitas tambahan seperti sarapan pagi. Sebab dengan harga kamar normal Rp 300 ribu, pihaknya kesulitan menyediakannya. Harga ini harus dibagi untuk biaya operasional, gaji pekerja, pajak, dan sebagainya. Selanjutnya adalah pelayanan dan hospitality perhotelan serta perbaikan sarana dan prasarana penunjang kenyamanan tamu.  Pihaknya memperkirakan sekitar 500 kamar mampu disiapkan hotel melati. ”Mampu menampung sekitar 1.000, jika satu kamar diisi dua orang,” jelasnya.

Baca Juga :  Tanpa Gejala, Tiba-tiba Warga Ampenan Positif Terjangkit Korona

Soal kenaikan harga, ia menegaskan hal ini bergantung pada fluktuasi permintaan para tamu. Kenaikan maksimal hingga 100 persen. Mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribuan. Bergantung fasilitas-fasilitas yang disediakan masing-masing hotel. Ditegaskan, kenaikan tarif tak akan menyentuh angka Rp 1 juta bahkan lebih. ”Kita tidak akan terlalu memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan,” janjinya.

Gede menegaskan, kenaikan tarif ini juga sebanding dengan kondisi permintaan. Pihaknya optimis keberadaan hotel melati juga akan menjadi sasaran akomodasi para penonton MotoGP mulai sebulan sebelum event. Sebab untuk saat ini memang kepastian booking dan down payment belum dikantonginya. Sebagian besar calon tamu luar daerah diantaranya Riau, Batam, Jakarta dan Surabaya masih lebih banyak bertanya soal ketersediaan kamar dan harga. ”Baru nelpon saja tapi saat ini belum ada kepastiannya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Harga Tiket WSBK Masih Dirundingkan, Menunggu Persetujuan FIM Superbike

Sementara untuk pemesanan kamar hotel berbintang, tiga bulan menjelang perhelatan MotoGP mendatang saja sudah penuh. Bahkan, beberapa hotel berbintang di sejumlah kabupaten disebut sudah full booking. Kebanyakan para tamu melakukan pemesanan lebih dulu di Mandalika, Lombok Tengah yang dekat dengan lokasi sirkuit. Jika penuh, mereka akan memenuhi kamar hotel di Mataram. Selanjutnya ke Senggigi, Lombok Barat dan Kawasan tiga gili, Lombok Utara menjadi opsi terakhir.

”Semua hotel dari bintang satu sampai lima sudah sold out. Bahkan over booked sampai sekarang,” kataKetua Kehormatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB I Gusti Lanang Patra. (eka/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/