alexametrics
Senin, 27 Juni 2022
Senin, 27 Juni 2022

NTB Targetkan Lima Kawasan Industri Halal

MATARAM-Pemprov NTB melalui Dinas Perindustrian NTB menargetkan NTB memiliki lima Kawasan Industri Halal atau Halal Industrial Park (HIP).

”Saat ini kami sedang sosialisasikan roadmap NTB HIP. NTB menargetkan ada lima HIP berbasis UMKM dan dari lima HIP ini ada satu yang menjadi Kawasan Industri sesuai Kemenperin No 17 yang luas lahannya 50 hektar,” kata Kepala Dinas Perindustian NTB Hj Nuryanti, Jumat (20/5).

Terkait satu kawasan nantinya ada yang bisa 50 hektar, tergantung dari pilihan investor yang melihat peluang.

”Kami menyiapkan kawasannya clean and clear on proses dan menyiapkan regulasi-regulasi pendukungnya,” tambahnya.

Yang sudah ada saat ini direncanakan NTB HIP Sumbawa, NTB HIP Dompu, NTB HIP Lombok Tengah, NTB HIP Kabupaten Bima, dan NTB HIP Lombok Barat. NTB HIP ini akan tersebar di kabupaten kota yang berbasis UMKM.

Baca Juga :  NTB Siap Ekspor Kayu Sonokeling ke China

”Saat ini tahap persiapan,” tuturnya.

Dalam memulainya langkah awal, NTB menyiapkan dengan kawasan yang lima hektar. Minimal memulainya dengan membangun kawasan dari tahap persiapan, tahap pembangunan, dan tahap pengelolaan. Itulah yang diatur dalam sebuah pergub yang mengatur tahapan-tahapan ketika kabupaten kota membuat kawasan industri halal tersebut.

”Kawasan ini pemerintah mengambil bagian dalam pelayanan kepada masyarakat dan mulai dengan pembinaan masyarakat lokal,” tambahnya.

Ia berharap proses ini menjadi langkah awal bagi percepatan industrialisasi di NTB. Pada dasarnya semua sudah on the track dengan enam industri prioritas yang dicantumkan dalam roadmap HIP tersebut.

”Semua sudah ada produknya dan pelakunya,” ujarnya.

Permasalahan yang ada di NTB yaitu produk-produk itu belum cepat, belum murah, dan belum mudah didapatkan. Hal itu yang menjadi dasar bagi dinas untuk menyiapkan sebuah kawasan khusus.

Baca Juga :  BTN Siapkan Program Khusus KPR Mandalika

”Inilah yang akan dikembangkan kedepannya,” imbuhnya.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan saat ini Provinsi NTB sedang mencoba pengembangan industrialisasi halal tersebut. Pengembangan ini bagus karena posisinya NTB terkenal dengan Halal Tourism.

”Halal ini tidak identik dengan sebatas industri halal, tetapi ada pengembangan lainnya,” jelasnya.

Inilah yang harus dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh Provinsi NTB. Apalagi ini juga jadi program pemerintah pusat. Ia menjelaskan pemerintah pusat punya program tentang kawasan halal.

”Kebetulan, NTB merupakan salah satu kawasan yang cocok mengembangkan hal tersebut,” ujarnya. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/