alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Tingkatkan Status Jalan untuk Pacu Ekonomi

TANJUNG-Bappeda Lombok Utara meminta pengajuan perubahan status Jalan Lingkar Utara segera dilakukan. Hal ini mengingat momentum hibah luar negeri untuk jalan nasional di sepanjang Kabupaten Lombok Utara (KLU).

”Itu nanti bisa kita pakai untuk minta pergeseran ruas jalan,” ujar Kepala Bappeda Lombok Utara Heryanto, (21/7).

Ia menjelaskan, jalan di Desa Medana hingga Desa Gondang nantinya digeser statusnya menjadi jalan provinsi atau kabupaten. Sedangkan jalan ke arah Lingkar Utara dijadikan jalan nasional.

”Sehingga nanti (Jalan Lingkar Utara, Red) menjadi  tanggung jawab APBN, karena sudah menjadi status nasional,” sambung dia.

Jika status tidak segera berubah, dikhawatirkan akan terjadi masalah saat ada pelebaran jalan. Sebab untuk pembebasan lahan akan membutuhkan anggaran sangat besar.

”Jadi ini momentum bagus,” kata dia.

Plt Kepala Dinas PUPR Kaharizal mengatakan, Jalan Lingkar Utara idealnya harus berstatus jalan nasional. Sementara saat ini status jalan nasional yang ada dimulai dari Pemenang hingga di perbatasan Lombok Timur.

”Tetapi bisa saja tidak menutup kemungkinan jika pemda mengajukan permohonan untuk mengalihkan jalan negara itu ke Jalan Lingkar Utara,” jelas dia.

Sementara jalan masuk Pantai Impos hingga ke Mapolres Lotara bisa diubah statusnya menjadi jalur kabupaten.

”Karena kalau itu sudah jadi jalan negara, maka otomatis akan mendapatkan perhatian pusat,” sambung dia.

Terkait lahan, sudah tidak ada permasalahan, tinggal status saja. Ketika statusnya sudah jelas, maka kewenangan peningkatan jalan dimiliki pusat.

”Memang dulu pernah diajukan tetapi pemerintah pusat masih mempertimbangkan,” beber mantan kabid Bina Marga itu. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks