alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Promosi WSBK dan MotoGP Harus Digencarkan

MATARAM-Wisatawan mancanegara yang menonton WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika masih sedikit. ”Dampaknya pasti akan relatif kecil kalau didominasi orang kita,” kata pengamat ekonomi Prof H Mansur Afifi pada media, Selasa (22/11).

Menurutnya orang luar yang datang bisa membuat dampak semakin meluas. Baik dampak terhadap transportasi, penginapan, hingga makan minum. ”Kalau dominasi orang Lombok daripada luar, itu dampaknya akan semakin kecil. Kalau orang luar yang datang jelas lebih besar,” tuturnya.

Apalagi bila wisatawan mancanegara yang datang jelas akan memperpanjang lama menginap dan berkeliling di NTB. UMKM juga akan berdampak khususnya yang menjual sovenir lokal. Selain itu, bila mampu menggaet wisatawan mancanegara, bisa menambah devisa ke negara. Sedangkan kalau wisatawan domestik luar NTB mungkin lama menginap sebatas pada event.

Baca Juga :  Bulan Depan, Terminal BIL Mampu Tampung 7 Juta Penumpang Per Tahun

Sarannya, jangan promosi dengan waktu singkat atau mendekati event saja. Paling tidak harus dimaksimalkan dan ditingkatkan dengan waktunya. ”Artinya saat ini perlu adanya upaya promosi menjalin kerja sama dengan asosiasi atau pelaku pariwisata di luar dengan memasukkan event WSBK dan MotoGP sebagai paket atau programnya,” terangnya.

Seorang penonton WSBK asal Surabaya Merliana mengatakan informasi WSBK ini baru didapatkan sepekan sebelum event. Jadi ia pun mengambil liburan dari kerja hanya tiga hari untuk bisa menonton. ”Memang harus lebih gencar lagi promosinya,” tuturnya. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/