alexametrics
Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021

Kerajinan Lokal Siap Mejeng di KEK Mandalika

    PRAYA-Kerajinan rotan dan ketak, menjadi satu dari tujuh produk unggulan Lombok Tengah yang siap bersaing di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Di Bazar Mandalika mereka sudah disiapkan tempat.

”Produk unggulan kita yang satu itu sudah dikenal luas. Tidak saja nasional, tapi internasional,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng Muhammad Ikhsan, pada Lombok Post, kemarin (23/7).

Ditingkat nasional, produk rotan dan ketak pernah meraih juara satu kompetisi tudung saji nusantara 2020 lalu. Produk ini juga sudah menembus pasar dunia. Permintaan terbanyak datang dari Arab Saudi dan beberapa negara di Timur Tengah.

”Yang pasti, kerajinan rotan dan ketak kita ini sudah menjadi salah satu merchandise MotoGP dan Superbike,” ujar mantan kabid Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Loteng tersebut.

Sehingga para perajin tinggal mempersiapkan diri. Baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Mereka pernah mendapatkan pembekalan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Hasilnya, mampu mengundang minat wisatawan membeli dan dijadikan oleh-oleh. ”Harapan kita sekarang, semoga Covid-19 ini segera berakhir. Itu saja,” tandas Ikhsan.

Ketua Komisi II DPRD Loteng HL Kelan menegaskan, begitu Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Swalayan diketok, langsung akan member dampak. Bazar Mandalika dan ritel modern di KEK Mandalika wajib memasarkan produk-produk lokal asal Loteng.

”Baik makanan, minuman, maupun kerajinan tangan,” kata Kelan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Bazar Mandalika segera dimanfaatkan. Sehingga ada perputaran uang kala pandemi. (dss/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks