alexametrics
Kamis, 24 September 2020
Kamis, 24 September 2020

KB Kookmin Bank Berambisi Mengembangkan Bank Bukopin

JAKARTA– KB Kookmin Bank (KB) berambisi menjadi pemegang saham pengendali tunggal dengan porsi kepemilikan 67 persen saham PT Bank Bukopin Tbk. “Ini diwujudkan setelah mendapat persetujuan pemegang dalam RUPS Luar Biasa 25 Agustus 2020 untuk mengeksekusi saham baru yang diterbitkan Bank Bukopin di aksi korporasi private placement non-preemptive,” kata Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono.

Suntikan modal yang telah diberikan lebih dari USD 200 Juta sesuai dengan non-preemptive private placement dan tambahan USD 400 juta diharapkan dapat memperkuat likuiditas Bank Bukopin. “KB yakin dapat membawa stabilitas yang sudah lama ditunggu Bank Bukopin,” jelasnya.

 

 

Bantuan likuiditas itu diharapkan juga dapat memperkuat pondasi Bank Bukopin untuk terus berkembang. Karena itu, keputusan para pemegang saham dalam RUPSLB yang akan diadakan pada tanggal 25 Agustus 2020 harus berhasil disahkan dengan dukungan pemegang saham minoritas yang kuat.

Pada kuarta pertama tahun 2020, Bank Bukopin tetap menjaga kinerja pada posisi positif. KB bertekad transformasi di Bank Bukopin untuk menjadi salah satu bank yang dapat tumbuh berkelanjutan dan memiliki nilai tambah bagi perekonomian Nasional.

Sejak 1990, Kookmin Bank berhasil menunjukkan rekam jejak yang luar biasa untuk bertahan di kondisi krisis dan menjadi grup keuangan terkemuka di Korea Selatan. Dengan pengalaman tersebut, KB yakin dapat membantu Bank Bukopin melewati masa pandemi saat ini. Sehinga dapat kembali meningkatkan kinerja positif dan terus tumbuh ke depannya.

 

 

Rencana KB merealisasikan transformasi bagi Bank Bukopin diantaranya dengan akan sangat selektif dalam mencari pasar untuk bersaing. Tetap fokus pada hal yang paling relevan dan sesuai dengan fokus bisnis yaitu segmen ritel. Terutama UMKM, koperasi dan komunitas pelaku bisnis Indonesia-Korea, melalui penerapan standar disiplin sesuai manajemen resiko.

Selain fokus pada sektor UMKM, Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan, kerja sama antara Kookmin dan Bukopin juga dapat dilakukan untuk peningkatan layanan pada pengajuan KPR. Apalagi sektor ini merupakan spesialisasi dari Kookmin.

“Ini dapat dilakukan percepatan dalam proses investigasi atau penilaian aset calon debitur dalam satu jam, dari data base yang dibangun. Sehingga pengajuan pun bisa lebih cepat prosesnya,” ungkapnya.

Dengan penambahan investasi KB di berbagai aspek, transformasi manajemen dan perseroan dapat lebih cepat, sehingga mampu melayani nasabah dengan lebih baik lagi.

Kedua, untuk melayani pelanggan dengan memberikan solusi terbaik, Bank Bukopin akan meningkatkan ciri khasnya dalam segmen bisnisnya. Yaitu ritel, melalui penawaran yang lebih berpusat pada nasabah. Model bisnis dan operasinya akan disesuaikan secara khusus untuk segmen pasar yang sesuai dengan segmen bisnis Bank Bukopin. Pengalaman KB dalam membangun waralaba ritel yang kuat di Korea Selatan dapat bermanfaat untuk membantu Bank Bukopin menerapkan strategi tersebut.

Terakhir, transformasi ini dapat dicapai dengan dukungan organisasi yang sehat dan SDM yang berkomitmen. Untuk itu Bank Bukopin berkomitmen mengembangkan talent internal yang tangguh. KB juga akan mendedikasikan sumber daya terbaik untuk mengembangkan kapabilitas insan Bank Bukopin. Melalui transfer knowledge di beberapa bidang, salah satunya digitalisasi jaringan ritel Bank Bukopin dan kontribusi Bank Bukopin pada perekonomian Indonesia.

Adanya peningkatan peringkat Bank Bukopin menjadi AA- (idn) dengan prospek pengawasan peringkat positif tersebut menjadi salah satu kunci bagi Bank Bukopin mendapatkan kembali kepercayaan nasabah dan meningkatkan kinerja.

 

Mengingat besarnya transformasi yang dibutuhkan oleh Bank Bukopin saat ini guna menjadikannya sebagai salah satu bank nasional yang terkemuka. Komitment KB secara keseluruhan di Indonesia, yaitu memberikan dukungan holistik bagi konsumen jasa keuangan Indonesia. Kemampuan Bank Bukopin menerapkan strategi ini dan memfasilitasi investasi di Indonesia, serta membantu membangun infrastruktur dan bisnis Indonesia.

 

President & CEO KB Hur Yin mengatakan, KB akan bertanggung jawab penuh terhadap Bank Bukopin. Menata ulang masa depan Bank Bukopin dan Menciptakan Bank transparan di Indonesia kedepannya. “KB Kookmin Bank akan menyempurnakan tim sumber daya manusia Bank Bukopin yang akan bekerja sama untuk meningkatkan kinerja,” tuturnya.

 

KB berencana untuk menciptakan tim pemulihan yang akan bertugas mengoptimalkan kinerja neraca Bank Bukopin. Selanjutnya, KB juga berencana menghadirkan tim digital (kolaborasi antara TI Bank Bukopin dan KB Kookmin Bank). Ini berfungsi menciptakan platform mutakhir dan layanan New Customer Experience bagi Nasabah, terutama yang berada pada segmen ritel dan mitra bisnis lainnya.

 

KB yakin Transformasi yang akan terjadi di Bank Bukopin dengan dukunganya dapat menetapkan standar perbankan baru di industri perbankan nasional. Khususnya tentang apa yang dapat dilakukan lembaga jasa keuangan Indonesia bagi nasabah dan pemegang sahamnya. Keberhasilan rencana ini akan bergantung pada hasil yang baik dalam RUPSLB 25 Agustus 2020 mendatang. “Dimana dukungan pemegang saham minoritas yang kuat sangat penting,” terangnya. (nur/r10)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Hasil Survei Indikator, Elektabilitas HARUM Paling Tinggi

“Pak Mohan Roliskana hingga sejauh ini paling potensial menang dalam pemilihan mendatang,” ujar  Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam pemaparan yang dilakukan secara online dari DPP Golkar Jakarta, (18/9) lalu.

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.

Pasangan Calon Harus Memberi Perhatian pada DPT

PESERTA pemilihan yaitu Pasangan Calon harus menunjukkan perhatian lebih pada seluruh tahapan yang ada, bukan hanya pada saat pendaftaran calon atau pada pemungutan suara saja. Salah satu tahapan yang sangat menentukan ialah tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih atau cukup disebut dengan penyusunan DPT.

Pendataan Bantuan Kuota Internet untuk Siswa Guru dan Mahasiswa Kacau

Hari pertama penyaluran bantuan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen langsung berpolemik. Proses pendataan dan verifikasi nomor ponsel dinilai kacau.

Calon Kepala Daerah Wajib Jadi Influencer Protokol Kesehatan

DPR, pemerintah dan KPU telah memutuskan akan tetap melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember. Para calon kepala daerah (Cakada)  diminta menjadi influencer protokol kesehatan  agar pilkada tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Sutradara Trish Pradana, Angkat Kisah Mohan ke Layar Lebar

Sutradara Trish Pradana tak henti melahirkan karya. Di tengah Pandemi Korona ini ia kembali ke balik layar menuntaskan film baru bertajuk "Mohan". Ini merupakan film yang diangkat dari kisah hidup Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sewaktu remaja.
Enable Notifications    Ok No thanks