alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

MotoGP Mandalika 2021, NTB Masih Kekurangan Kamar Hotel

MATARAM-Provinsi NTB kekurangan kamar untuk menampung tamu MotoGP 2021. Jumlah tamu yang datang diperkirakan 165 ribu orang, sementara kamar tersedia hanya 19 ribu. Itu termasuk kamar di Pulau Sumbawa, baik hotel berbintang maupun melati.

”Artinya tidak cukup dengan akomodasi yang ada di NTB secara umum,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata NTB H Lalu Hasbulwadi, Jumat (24/7)

Berbagai upaya tengah dilakukan untuk menambah kapasitas penginapan di NTB. Kementerian PUPR tahun ini membangun homestay untuk akomodasi MotoGP sebanyak 215 unit.

Pembangunan dilakukan di kawasan penyangga KEK Mandalika, yakni Lombok Tengah dan tiga gili di Lombok Utara. ”Ada pembangunan baru dan peningkatan kualias homestay yang sudah ada,” jelasnya.

Antara lain 25 homestay di Desa Selong Belanak, 49 unit di Desa Kuta, 36 unit di Desa Sengkol, dan 15 unit Desa Sukadana. Serta 90 unit di Desa Gili Indah, Lombok Utara.

Baca Juga :  Tim Jarot-Mokhlis, Bakal Jadikan "Program Bagi-bagi Sapi" Sebagai Bukti

Selain membangun homestay, pemerintah juga berencana menyediakan hotel terapung dengan memanfaatkan kapal-kapal Pelindo. ”Tapi itu pun masih kurang, yang jelas tamu ini ada pula yang nginap di Pulau Bali sana,” jelasnya.

Di sisi lain, kekurangan itu, kata Hasbulwadi, menjadi peluang yang sangat bagus bagi desa wisata. Rumah-rumah penduduk bisa disewakan sebagai homestay. ”Ini bagus sekali terutama di kawasan peyangga,” katanya.

Kawasan penyangga tidak hanya Lombok Tengah, tetapi juga Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Utara, dan Lombok Timur. ”Kalau saja satu rumah menyediakan satu homestay itu lumayan akan menambah jumlah penginapan kita di NTB ini,” harapnya.

Estimasi 165 ribu tamu itu perhitungan dalam kondisi normal. Pemerintah belum menghitung dampak pandemi covid-19. Karena Oktober 2021 pandemi covid-19 diperkirakan sudah berakhir. ”Sekarang bagaimana menyiapkan makanan minuman ini yang perlu dipikirkan, sentra oleh-oleh dari sekarang sudah harus berbenah,” harapnya.

Baca Juga :  Dermaga Labuhan Haji Akan Direhab

Terpisah, Ketua International Council for Small Business (ICSB) Hj Niken Saptarini Widyawati mengajak pelaku UMKM di NTB mengambil bagian dalam event MotoGP tersebut.  ”Kita menjadi penyedia di event 2021 tersebut, kita akan menjadi orang-orang yang sangat diuntungkan,” katanya, dalam pertemuan dengan UMKM se-NTB, di pendopo gubernur, kemarin.

Kualitas dan kuatitas produk UMKM perlu terus ditingkatkan. Apalagi saat ini hampir semua terkoneksi dengan internet. UMKM harus mampu beradaptasi.

Ia melihat peran pemuda sangat penting membantu pertumbuhan UMKM menjadi lebih segar dan lebih kreatif.

”ICSB kita akan menggerakkan terbentuknya wirausaha baru, kita melihat masih banyak potensi yang bisa dimaksimalkan,” katanya. (ili/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/