alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Banyak Dijual ke Luar Daerah, Harga Bahan Pokok di Mataram Naik

MATARAM–Sejumlah bahan pokok di beberapa pasar tradisional terpantau mengalami kenaikan. Seperti cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, dan daging ayam. Penyebabnya, persediaan yang mulai berkurang dan pengiriman ke luar daerah. Untuk cabai, kenaikan harga disebabkan minimnya pasokan seiring berkurangnya hasil panen para petani akibat faktor cuaca yang tak menentu.

”Cabai masuk ke pasar itu dari 500 sampai 1.000 kilogram saja per hari. Harganya Rp 20 ribu per kilogram,” kata Kepala Pasar Induk Mandalika Ismail.

Sedangkan untuk bawang merah, harganya Rp 30 ribu. Kecenderungannya, akhir tahun persediaan akan berkurang. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kenaikkan cukup tinggi.

”Yang buat mahal itu harganya karena banyak dikirim ke luar daerah. Di sana harganya jauh lebih menjanjikan jadi pedagang memilih kirim ke sana juga,” ujarnya.

Sedangkan harga komoditas lainnya cenderung normal karena sepinya permintaan. Tak seperti momen jelang Natal dan tahun baru di tahun-tahun sebelumnya. Seperti daging ayam maupun telur.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) NTB H Fathul Gani mengatakan, ketersedian pangan di NTB hingga memasuki 2021 dipastikan masih aman. Namun, antisipasi tetap dilakukan melalui program diversifikaasi pangan lokal. Termasuk penguatan lumbung pangan masyarakat.

”Kita juga fokus menggencarkan penyebarluasan pekarangan pangan lestari yang tersebar di 10 kabupaten kota,” imbuhnya. (eka/r9)

 

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks