alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Vaksinasi, UMKM Minta Diprioritaskan

MATARAM-Sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) berharap vaksinasi juga segera diberikan pada mereka. Hal ini diyakini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada usaha lokal. ”UMKM perlu diprioritaskan, karena mereka juga berhubungan langsung dengan konsumen,” ujar Ketua Perkumpulan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (PP UMKM) Haris Andi Baso Ence, kepada Lombok Post, (26/3).

Menurutnya, prioritas vaksinasi paling mendesak diberikan pada pelaku UMKM kuliner. Terutama mereka yang seringkali membuka lapak usaha di pinggiran jalan. Kuliner lokal pun menjadi salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dicari. Terutama di momen Ramadan dan Idul Fitri sebentar lagi. Vaksinasi pada UMKM lain juga menjadi upaya menggairahkan usaha lokal. Dengannya roda perekonomian segera berjalan.

”Kalau bisa pedagang-pedagang martabak, kolak, dan aneka kuliner takjil itu divaksin. Mereka pasti selalu dicari nanti,” ujarnya.

Sarannya, pemerintah setempat menjemput bola dengan melakukan pendataan di titik-titik lokasi lapak UMKM. Bersinergi dengan asosiasi UMKM, maupun pemerintah tingkat kelurahan. Vaksinasi massal dapat digelar di sana. Upaya ini dinilai ampuh. Sebab, jika hanya menunggu giliran vaksin gratis untuk masyarakat luas tentu membutuhkan waktu lama.Sisi lain, pihaknya juga mengimbau agar UMKM mau menjalani vaksinasi. ”Kalau upaya hanya dari satu pihak, percuma juga,” katanya.

Pelaku UMKM menjelang Ramadan nanti pun diperkirakan akan membludak. Itu karena banyak masyarakat yang kini mencari pemasukan baru usai terdampak pandemi Covid-19. Diharapkan, hal ini dibarengi dengan daya beli masyarakat yang juga meningkat. ”Semoga tahun ini pemasukan usaha jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Iliana Latifha, pemilik UMKM kuliner Nyambel. Ia menilai, vaksinasi bagi pelaku UMKM terutama kuliner perlu dilakukan segera. Karena ini menjadi kebutuhan yang akan selalu dicari konsumen. Pihaknya sendiri berencana membuka lapak baru untuk berjualan takjil di kawasan Jalan Airlanggga saat Ramadhan nanti.

”Ada poin lebih yang bisa kita tawarkan ke konsumen jika penjualnya sudah divaksin. Setidaknya mereka tak terlalu takut berbelanja,” imbuhnya. (eka/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks