alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Libur Panjang Hadirkan Peluang bagi Pengusaha Pariwisata NTB

MATARAM-Jelang libur panjang nasional akhir pekan mendatang, pelaku usaha bisa pariwisata dan ekonomi kreatif diminta bersiap. Pengamat pariwisata Taufan Rahmadi optimis akan ada kemungkinan terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara.

Hal ini bisa menjadi momentum latihan untuk membangkitkan pariwisata NTB.  Perlu ada inventarisasi di setiap libur-libur nasional setiap tahunnya.

”Fokus pada promosi yang gencar dilakukan dan produk apa yang akan ditawarkan atau dijual,” katanya.

Paket travel murah, transportasi, hingga diskon hotel bisa menjadi upaya yang dikedepankan. Kerja sama seluruh instansi dan OPD dari tingkat kabupaten hingga provinsi juga tak boleh ketinggalan. ”Tidak banyak, tapi setidaknya ini menjadi momen kebangkitan kita survive pasca pandemi,” ujar founder Temannya Wisatawan ini.

Baca Juga :  Wisman Sepi, Pariwisata NTB Bisa Andalkan Wisatawan Lokal

Tantangan saat ini menurut dia adalah, menjaga konsistensi penerapan protokol kesehatan. Perlu kesadaran yang tinggi dari pihak wisatawan maupun pelaku usaha. Jangan sampai terjadi klaster baru di destinasi wisata tersebut. ”Potensi ekonomi ini jangan sampai tercoreng,” imbuhnya.

Terpisah, I Gusti Lanang Patra, penasehat Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB memilih tak muluk-muluk soal target okupansi hotel. ”Yang penting mereka mau berkunjung saja tidak apa-apa, tak perlu takut terpapar Korona di sini,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya juga meminta para anggota memperketat pelaksanaan protokol kesehatan. Hotel saat ini juga gencar melakukan promosi, dibarengi  diskon new normal. ”Kerja sama dengan online travel agent seperti traveloka dan sejenisnya,” katanya.

Baca Juga :  Pendapatan Daerah Hingga Mei 2022 Turun 16,20 Persen

Yenny Herawati, salah satu pedagang di kawasan Pantai Loang Baloq berharap libur panjang member efek signifikan. Sebagian besar kontainer tempatnya berjualan bersama para pedagang juga sudah rampung. Sehingga menambah keelokan lokasi wisata tersebut. ”Semoga banyak yang berkunjung supaya bisa menambah penghasilan para pedagang di sini,” ujar ibu dua anak tersebut. (eka/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/