alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Reservasi Hotel Wisatawan Mancanegara Meningkat 40 Persen

MATARAM-Dicabutnya aturan karantina bagi wisatawan mancanegara (wisman), membuat lonjakan reservasi hotel.

”Wisman naik 30-40 persen,” kata Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) NTB Lalu Kusnawan, pada Lombok Post, Senin (28/3).

Mereka berasal dari Eropa, Australia, Amerika, dan Asia. ”Paling banyak Eropa dan Australia,” terangnya.

Saat ini belum melakukan penarikan uang muka (DP), mengikuti kondisi aturan. ”Mungkin nanti DP ini akan diambil pada sebulan atau 15 hari sebelum kedatangan wisman tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, penghapusan karantina menjadi angin segar bagi industri pariwisata. Apalagi akan ada banyak event internasional. ”Saya sudah sampaikan ke Menparekraf RI Sandi Uno sudah ada peningkatan reservasi. Saya juga memohon bantuan agar aturan ini tidak berubah,” tuturnya.

Baca Juga :  Sukses Crown Toys 2367 Grand Opening Gedung Baru

Terpisah, Pengelola Melati Cottage Bulan Nurguna mengatakan selama pandemi, wisatawan nusantara adalah target utama. Namun, ia mencatat untuk April hingga Mei 2022 mendatang sudah mulai ada wisman yang melakukan reservasi.

”Kalau dikalkulasikan domestik 50 persen dan wisman 50 persenlah. Tamu tingkat kunjungan masih jauh dari biasanya,” terangnya.

Ia berharap, kebijakan terus berpihak pada upaya untuk membangkitkan pariwisata. Sebab sektor ini yang paling terpukul dengan pandemi.

”Semoga semua segera pulih kembali,” kata dia. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/