Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

APJI NTB Dorong Peningkatan Level Usaha Jasa Boga

MATARAM-Pengusaha Jasa Boga yang ada di NTB didorong terus meningkatkan levelnya. ”Saya berharap teman-teman semua produksi produknya itu bisa punya standar,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) NTB Wagini, pada Lombok Post, Selasa (29/11).

Ia mengatakan saat ini anggotanya yang telah memiliki standar produ yang cukup baik dan diakui baru 76 pengusaha. ”Nanti saya ingin mendorong setiap DPC yang melakukan standarisasi terhadap anggotanya masing-masing,” tambahnya.

Khusus event internasional yang mulai banyak di Lombok, tidak bisa dilakukan hanya beberapa pengusaha jasa boga. Akan lebih maksimal jika dilakukan bersama-sama dengan saling melengkapi. ”Kalau anggota sudah bisa punya standar, bisa kita ajak bareng,” terangnya.

Baca Juga :  Astindo dan Asita Sudah Jual Ribuan Tiket MotoGP

Sedangkan bagi anggota yang belum sesuai standar akan diusahakan untuk mendapat pelatihan. Termasuk pendampingan terkait izin usaha. ”Pengusaha jasa boga akan sangat dibutuhkan untuk berbagai event yang ada,” jelasnya.

Saat ini baru ada dua DPC di NTB yaitu APJI Kota Mataram dan APJI Lombok Barat. Perluasan DPC juga tengah diupayakan. ”Akhir tahun ini akan ada beberapa DPC dilantik dan dikukuhkan,” kata dia.

Terpisah, Pimpinan Cabang Askrindo Mataram Slamet Ermayudi mengatakan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) perlu diberikan pelatihan. Dengannya ada peluang naik kelas dan memenuhi persyaratan bank alias bankable.

Khusus UMKM jasa boga, butuh pelatihan terkait manajemen usaha yang bagus. ”Program pembinaan ini sudah kami lakukan bekerja sama dengan APJI NTB,” kata dia. (nur/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks