Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

BCA Tanam Seribu Pohon di Gunung Sasak

MATARAM-Mendorong perekonomian masyarakat, BCA menanam bibit durian di Gunung Sasak, Gerung, Lombok Barat (Lobar). ”BCA berharap dapat memberikan manfaat ekologis dan ekonomis bagi masyarakat setempat,” kata EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn.

Ia menjelaskan manfaat ekologis yang didorong berupa penurunan emisi karbon hingga 1.420 ton CO2 ekuivalen per tahun. Ini akan mendukung target net zero emission tahun 2050 yang dicanangkan Pemerintah Provinsi NTB. Selain itu, ada manfaat ekonomi berupa hasil penjualan buah durian. ”Diperkirakan setelah siap panen, berpotensi menghasilkan pendapatan sekitar Rp 1 juta per pohon bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Program ini merupakan inisiatif CSR BCA di bawah payung Bakti BCA, berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.  Penanaman seribu pohon durian ini dilakukan pada lahan seluas 10 hektare. Seribu bibit ini merupakan bagian virtual walk yang dilakukan. Pihaknya mengakumulasikan setiap satu kilometer langkah yang dilakukan karyawan BCA menjadi bibit pohon.

Baca Juga :  Sukeskan Program Indonesia–Eksotisme Lombok, BCA Komitmen Dukung UMKM

Terkumpul 18 ribu bibit melalui kegiatan ini, dan seribu bibitnya ditanam di Lombok. ”Ini sebagai rangkaian dari program BCA Go Bi6 5tep yang diinisiasi oleh BCA dalam rangka mewujudkan lingkungan yang hijau,” tambahnya.

Hadir dalam penanaman ini EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn, Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid, Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama, Ketua Kelompok Tani Wana Sasak Lestari Alsyah, Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Pemerintah Provinsi NTB Julmansyah.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid menyambut baik  program yang dilakukan BCA ini. Sebab pohon menjadi bagian penting dan sering kali tidak disadari. Padahal perubahan iklim sekarang sangat terasa. ”Ini akan membantu menjaga alam dan mendorong ekonomi masyarakat,” kata dia. (nur/r9/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks