alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Menyicipi Sate Bulayak, Kuliner Khas Lombok yang Menggoda

Salah satu makanan khas di Pulau Lombok yang begitu spesial bagi pemburu makanan kuliner adalah sate bulayak. Sate Bulayak di Lombok sebenarnya tak jauh beda dengan sate lain pada umumnya. Namun yang menjadikan sate bulayak berbeda dengan sate lainnya karena kekhasan bumbunya yang menggoda dan mengeluarkan aroma mengundang selera.

———————

Nurhayati salah satu penjual Sate Bulayak di Narmada mengatakan, sate berbahan daging atau jeroan sapi itu dilumuri dengan bumbu khas. Pada saat makan sate khas ini biasanya diikuti oleh makanan khas lainnya menyerupai lontong yang agak bulat memanjang dikuliti daun kelapa atau daun enau  muda.

“Menjadikan rasanya pun semakin nikmat selagi hangat,” tambahnya.

Baca Juga :  Mencicipi Ikan dan Ayam Bakar Q-La Cafe di Sunset Land, Tanjung Karang

Sebagai generasi kedua, ibu lima anak itu menjelaskan, lontong dimaksud oleh masyarakat Sasak dinamakan Bulayak. Jadi, bulayak sebenarnya sejenis lontong dari bahan beras yang dibungkus dengan daun enau muda dan berbentuk seperti lontong, tapi agak lebih  panjang. Sementara bahan baku sate bulayak selain daging juga bisa jeroan sapi.

“Coba saja rasakan sate bulayak yang benar-benar menggoda selera,” selorohnya.

Daging sapi atau jeroan sapi tersebut dilumuri bumbu penyedap rasa khas alami ramuan Sasak. Lantas, sate yang sudah dilumuri tadi langsung dibakar. Tentu saja kepulan asap sate yang di kipas tersebut menyengat kemana-mana dengan aroma yang begitu sedap. Bumbu ini sendiri berbahan santan, cabe besar dan potongan-potongan cabe hijau segar. Selamat mencoba. (lestari dewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/