alexametrics
Sabtu, 19 September 2020
Sabtu, 19 September 2020

Rocky Hidupkan Senggigi, Babe Haikal Minta Warga Hindari Serangan Fajar

GIRI MENANG-Sempat menjadi perdebatan, kedatangan Rocky Gerung dan Babe Haikal akhirya Sabtu (9/3) lalu datang ke Senggigi Lombok Barat (Lobar). Kedatangan keduanya menghadiri talkshow dengan tema Esksitensi Melahirkan Perubahan yang diselenggarakan Garuda Emas NTB. Sempat mendapat demo penolakan, justru kedatangan Rocky membuat pariwisata Senggigi hidup kembali. Karena acara talkshow ini dihadiri tak kurang dari 700 peserta yang memadati Ballroom Hotel Aruna Senggigi.

“Perubahan adalah arus yang tidak bisa dihalangi. Hanya mereka yang dungu yang ingin menahan arus perubahan,” ungkap Rocky Gerung di hadapan peserta talkshow ketika mendapat informasi dari salah satu Emak-Emak yang menginformasikan ada upaya dari segelintir oknum agar kedatangan Rocky Gerung batal ke Lombok.

Ia menegaskan, otoriter atau memaksakan kehendak dalam dunia politik saat ini sudah tidak bisa dilakukan. Karena masyarakat sudah sangat melek politik. Buktinya, dulu kaum perempuan dan emak-emak yang biasanya abai terhadap persoalan politik, kini sudah bisa lantang berbicara masalah politik.

“Karena politik ini langsung menyentuh mereka. Misalnya setiap ada kenaikan harga bahan pokok, maka emak-emak otomatis langsung akan terlibat membicarakan politik dengan suaminya. Ia bicara bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan kenaikan harga, itu juga politik,” paparnya.

Sehingga, Rocky menyampaikan tidak ada lagi informasi yang harus ditutup-tutupi atau dimanipulasi kaitannya dengan politik. Karena masyarakat akan bisa langsung merasakannya. Justru, jika sebuah informasi ditutup-tutupi, maka ia memastikan ada persekongkolan di dalamnya.

Dalam pemaparannya, Rocky juga mengkritisi sejumlah tokoh yang ada di Pulau Lombok yang diketahuinya kehilangan daya kritis terhadap pemerintah. Karena sebagian tokoh tersebut merapat pada kekuasaan. Mulai dari ulama, rektor hingga masyarakat sipil. Sehingga, ia kini hanya menaruh harapan pada generasi milenial yang bisa melakukan perubahan.

Kemajemukan bangsa ini dijelaskannya harus dipertahankan. Namun demikian, kebebasan memperoleh informasi maupun berpendapat juga tidak boleh dikekang. “Bangsa Romawi yang begitu besar runtuh karena tidak ada keterbukaan informasi, manipulasi. Maka sampaikan yang benar itu benar, yang salah itu salah,” terang pria yang kerap dijuluki Profesor Akal Sehat tersebut.

Sehingga ia mengibaratkan kebebasan informasi layakanya seperti buah. Buah sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi lambung yang sehat. Namun ketika informasi justru tidak menyehatkan, bisa saja dikarena informasi yang tidak sehat atau lambung yang mengkonsumsi buah tersebut tidak sehat.

Rocky mengakui kerap dianggap tidak netral dan dinilai berpihak pada pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. “Tapi masalahnya saya tidak pernah diundang oleh tim 01,” cetusnya disambut tawa ratusan peserta talk show yang hadir. “Netral bukan berarti berdiri di tengah. Tetapi berdiri di atas kaki sendiri,” imbuhnya.  

Sementara Ustad Haikal atau yang karib disapa Babe Haikal memaparkan bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa mensejahterakan dan membahagiakan rakyatnya. Mensejahterakan rakyat dalam artian membebaskan rakyat dari kelaparan. Sementara membahagiakan rakyat diartikannya membebaskan rakyat dari ketakutan. “Negara hebat kalau tidak ada rakyat yang lapar dan takut,” paparnya.

Sehingga, ia dalam kesempatan itu ia memaparkan pemimpin yang ideal adalah perpaudan ahli ekonomi dan ahli strategi dari kalangan militer. Itu menurutnya bisa membebaskan masyarakat dari lapar dan takut. “Saya hanya meminta masyarakat mengawal demokrasi ini dengan baik. Hindai serangan fajar karena itu akan merusak demokrasi. Siapapun yang terpilih nanti kita hormati dan hargai selama Pemilu dilaksanakan dengan jujur, adil, bebas, langsung dan rahasia,” pesannya.

Sementara dari keterangan pihak Hotel Aruna Senggigi, kedatangan Rocky Gerung ke Senggigi diakuinya membawa dampak positif untuk membangkitkan pariwisata yang lesu pascagempa.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, pasti orang akan berpikir untuk datang ke Senggigi. Karena senggigi sudah aman. Saya pikir ini menjadi efek positif terhadap tumbuhnya Senggigi kembali,” terang Linggo Mula Siahaan dari pihak Hotel Aruna.

Namun ia menegaskan pihak hotel memberikan perlakukan yang sama terhadap kegiatan talk show Rocky Gerung seperti kegiatan-kegiatan yang lain. Karena pada prinsipnya, pihaknya mengaku mengutamakan aspek bisnis.

Terkait pemberitaan simpang siur di luar megenai adanya upaya penjegalan terhadap terlaksananya kegiatan ini, ia menjelaskan pihaknya telah mencoba mengakomodasi informasi yang muncul. Terlebih panitia jauh hari telah mencantumkan bahwa kegiatan akan digelar di Hotel Arunan. “Makanya beberapa kali pihak kepolisian mengubungi kami apakah acara ini sudah berizin. Itu pun kami sampaikan kepada pihak penyelenggara. Karena persyaratan administrasi menjadi ranahnya EO,” urainya.

Namun fakta yang terjadi ketika acara ini terselenggara dan aman, berarti Linggo menilai kekhawatiran masyarakat akan ada aksi demo dan anarkis itu tidak terbukti. Ditambah dengan adanya kegiatan apapun yang ada di Aruna Senggigi, maka ini akan menjadi perhatian orang. Karena selama ini Senggigi diidentikkan belum pulih ternyata sudah aman dan bisa digunakan kembalu. “Kalau kami mau dari paslon 01 atau 02, kami terbuka. Kami netral tidak memihak salah satu,” tandasnya. (ton)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Proyek Pasar ACC Ampenan Terancam Molor

Pengerjaan konstruksi fisik Pasar ACC Ampenan masih dalam proses sanggah. Belajar dari pengalaman tahun lalu, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram tidak ingin gegabah mengerjakan proyek yang anggarannya dari Kementerian Perdagangan itu. “Kita tidak ingin kejadian seperti  tahun lalu di Pasar Cakarenagara. Molor,” kata Kepala Disdag Kota Mataram H Amran M Amin, kemarin (18/9).

Saat Pandemi, Anak 14 Tahun di Mataram Nikah Dini

Fenomena pernikahan usia anak masih terjadi di Kota Mataram. Seperti yang terjadi di Kelurahan Karang Baru pekan lalu. AA, perempuan usia 14 tahun juga memilih menikah dengan IW, 20 tahun warga kelurahan Selagalas. Keduanya enggan dipisahkan dengan alasan cinta.

Kasus Korona di Mataram Kembali Meningkat

Tren kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan. Terjadi penambahan kasus tiap hari. “Biasanya kasus baru positif satu, dua. Tapi tadi malam sepuluh orang yang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, kemarin (17/9).

TGB Minta Kasus Penusukan Syaikh Ali Jaber Diusut Tuntas

Mantan Gubernur NTB yang juga ulama TGB M Zainul Majdi menyinggung kasus penusukan terhadap salah satu ulama nasional Syaikh Ali Jaber. Menurutnya, di balik kasus penusukan ini, ada upaya untuk memecah belah umat dan bangsa Indonesia.

Kampung Sehat NTB Jadi Energi Baru Penanganan Covid-19

Program Kampung Sehat yang diinisiasi Polda NTB mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan telah memberi dampak nyata pada upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah pun tak sungkan memberikan apresiasi yang tinggi pada Polda NTB atas program inovatif ini.

Paling Sering Dibaca

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Hari Pertama Razia Masker di NTB, Pemda Kumpulkan Denda Rp 9,1 Juta

Sebanyak 170 orang tidak menggunakan masker terjaring razia di hari pertama penerapan sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan di seluruh NTB, kemarin (14/9). Dari para pelanggar di semua titik operasi ini, Badan Pendapatan Daerah NTB pun mengumpulkan uang sebesar Rp 9,1 juta.

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.
Enable Notifications    Ok No thanks