alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Pemkab Lobar Kejar Rp 11 Miliar dari Hotel Sentosa Senggigi

GIRI MENANG—Cerita miris soal Hotel Sentosa Senggigi masih berlanjut. Hotel yang masih meninggalkan banyak tunggakan pajak daerah itu kini kondisinya semakin menyeramkan.

Sepintas seperti bangunan tua yang tak terurus. Tak ada aktivitas manusia di hotel berbintang ini.

Kondisi ini sejalan dengan kesulitan manajemen Hotel Sentosa untuk membayar tunggakan pajak dan sisa pembayaran gaji karyawannya.

Bahkan, berhembus kabar, pihak manajemen melakukan beberapa penjualan aset. “Namun kondisi di tengah pandemi, pembelian terhadap aset tersebut tidak mudah. Siapa mau beli dengan kondisi saat ini,” kata Kepala Bapenda Lobar Suparlan.

Dia menyebut, pemkab hingga saat ini masih kesulitan menagih tunggakan pajak ke manajemen Hotel Sentosa Senggigi. “Sudah difasilitasi Kejaksaan Tinggi, tapi memang dari managemen belum pasti juga,” kata Kepala Bapenda Lobar Suparlan.

Anggaran yang harus ditagih ke manajemen Hotel Sentosa Senggigi senilai Rp 11 miliar. Terdiri dari Rp 7,3 miliar untuk tunggakan pajak sejak tahun 2015. Sisanya Rp 3,7 miliar merupakan hak dari karyawan untuk gaji dan tunjangan yang belum didapatkan.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid sebelumnya memang mengingatkan pihak Bapenda jangan hanya mengejar pajak. Namun harus bisa menagih hak karyawan yang belum dituntaskan manajemen. “Terakhir hotel ini beroperasi pada tahun 2018 lalu,” jelasnya.

Tunggakan Hotel Santosa berasal dari tiga item pajak. Hotel, restoran, serta pajak bumi dan bangunan (PBB). Akibat pajak yang tidak dibayar, pemerintah memberikan denda ke management hotel.

“Kami terus mencoba agar bisa bersama-sama Kejati mencari jalan keluar untuk penbayaran tunggakan ini,” ujarnya.

Pemkab Lobar sekarang juga belum boleh melakukan penyitaan aset hotel tersebut. Dikarenakan aset bersangkutan juga diagunkan di salah satu bank nasional.

“Tunggakan pajak dari tahun 2015. Semua pajak lainnya juga tetap jalan dan ditagihkan,” terangnya.

Kabid Penagihan Bapenda Lobar HM Subayin mengatakan terus mengupayakan penagihan tunggakan pajak ini. Sebab ini telah menjadi atensi pusat untuk bisa menangihnya. “Komunikasi dan jalan penyelesaian kami upayakan,” kata dia. (nur/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks