alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Beratkan Nakes, Dikes Lombok Barat Batalkan Vaksinasi Malam Hari

GIRI MENANG-Rencana Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Barat (Lobar) memberikan layanan vaksinasi malam hari di bulan Ramadan kemungkinan dibatalkan. Sebab, vaksinasi malam hari akan memberatkan tenaga kesehatan (nakes).

”Toh juga, fatwa MUI membolehkan vaksinasi selama puasa. Artinya penyuntikan vaksin tidak membatalkan puasa,” kata Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dikes Lobar dr Ahmad Taufiq Fathoni, Kamis (15/4/2021).

Ia menjelaskan, belum ada pembicaraan detail terkait pelaksanaan vaksinasi malam hari. Semua masih sebatas wacana. ”Stamina petugas vaksinasi yang harus kita pertimbangkan kalau vaksinasi dipaksakan malam hari,” terangnya.

Menurut Fathoni, pelaksanaan vaksinasi bulan puasa tetap merujuk fatwa MUI. Sesuai fatwa masih dibolehkan selama bulan puasa dan tidak membatalkan puasa. “Layanan di fasilitas kesehatan tetap dibuka seperti biasa,” tambahnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lobar menyarankan masyarakat untuk melakukan suntik vaksin pada malam hari setelah berbuka puasa. Ini berkaitan dengan kondisi fisik masyarakat muslim yang bisa lebih kuat setelah berbuka puasa.

”Fatwa itu membolehkan vaksin di bulan Ramadan, tapi dalam fatwa itu juga dianjurkan sebaiknya dilaksanakan malam hari setelah orang-orang berbuka puasa,” kata Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan MUI Lobar M Harfin Zuhdi. (nur/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks