alexametrics
Kamis, 24 September 2020
Kamis, 24 September 2020

Penutupan Obyek Wisata Bikin Hunian Hotel di Senggigi Anjlok

GIRI MENANG-Edaran pemerintah daerah baik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat maupun Provinsi NTB membuat pelaku wisata di Senggigi menangis. Bagaimana tidak, kunjungan wisatawan ke Senggigi dua hari terakhir menurun drastis akibat adanya edaran terkait penutupan obyek wisata.

“Langkah pemerintah reaktif. Tidak mendengarkan pelaku usaha untuk mempertimbangkan dunia usaha,” ujar Owner Representatif Aruna Senggigi Resort and Convention Linggom M Siahaan kepada Lombok Post, Selasa (17/3).

Linggom juga menyayangkan edaran Gubernur NTB terkait penutupan akses jalur Bali ke Gili diterjemahkan berbeda oleh jajaran di bawahnya. Edaran diterjemahkan menjadi close area ke Gili dan NTB.

Padahal, ketika Gili ditutup, orang dari luar NTB akan khawatir untuk datang. Karena mereka tentu berpikir ada sesuatu yang menyebabkan Gili ditutup. Dampaknya kawasan pariwisata juga Senggigi akan terimbas. Pengusaha akhirnya menjadi bagian yang dikalahkan.

“Bagaimana dengan beban operasional yang harus kami hadapi. Beban pajak, beban gaji karyawan hotel dan lainnya. Kondisi ini membuat keberpihakan pemerintah daerah (ke pelaku wisata) tidak terlihat,” sesalnya.

Lima tahun terakhir, beban yang diterima pengusaha sangat berat. Mulai dari ombak tinggi, kenaikan harga tiket pesawat, gempa, hingga yang terbaru virus Korona.”Kesempatan berusaha tertutup karena larangan-larangan yang dibuat pemerintah,” imbuhnya.

Padahal upaya preventif dinilai jauh lebih efektif dan tidak menimbulkan masalah baru. Misalnya dengan melakukan pengecekan kesehatan secara maksimal. Baik menggunakan termal scan dan menyiapkan hand sanitizer.

Sehingga, ia mewakili para owner hotel yang ada di Senggigi meminta pemerintah mulaimemikirkan upaya preventif dengan pengecekan kesehatan. Melakukan sosialisasi hidup sehat di masyarakat.

Pihak hotel sendiri sudah melakukan upaya preventif dengan melakukan pengecekan kesehatan terhadap semua tamu hotel. Misalnya dengan pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan melakukan disinfektan sarana prasarana yang ada di hotel.

Sayangnya, upaya pihak hotel seoalah tidak ada artinya. Menyusul, selain edaran gubernur, Bupati Lobar juga mengeluarkan edaran Nomor 440 tahun 2020. Kaitannya dengan imbauan pencegahan wabah Korona di Lobar.

Dalam edaran yang dikirim Plt Kepala Dinas Pariwisata Lobar Hj Lale Priyatni kepada Lombok Post, di poin nomor dua terdapat imbauan yang berkaitan dengan pariwisata. Imbauan berisi penutupan sementara semua aktivitas pelayaran (kecuali logistik diatur secara khusus), obyek wisata, tempat rekreasi atau tempat hiburan yang ada di Lobar.

Dampaknya, edaran ini memukul telak para pelaku wisata di Senggigi. “Tindak lanjut surat edaran bupati. Silakan terjemahkan sendiri,” ujar Lale via WhatsApp.

Dampaknya, pembatalan kunjungan terus dilakukan wisatawan yang sebelumnya berencana menginap di hotel. Berbagai macam kegiatan juga ikut dibatalkan.

“Okupansi saat ini Sekitar 20 persen. Seharusnya Selasa Rabu okupansi kami 70-80 persen. Tapi karena banyak yang cancel sekarang 20 persen, bahkan hari ini (kemarin, Red) 15 persen,” timpal General Manager Aruna Senggigi Resort and Convention.

Merosotnya okupansi ini karena ada kegiatan MICE dengan rombongan yang cukup besar selama dua hari di Aruna Senggigi dibatalkan. Akibat adanya edaran penutupan obyek wisata. “Sejak Minggu sudah drop banget karena banyak event cancel. Nangis kita semua ini,” ungkap Weni.

Senada, General Manager Hotel Jayakarta Cerry Abdulhakim mengaku kondisi okupansi sedang anjlok. “Okupansi menurun drastis. Sampai 20-30 persen mulai tanggal 16 Maret (Senin) kemarin,” akunya. (ton/r3)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Hasil Survei Indikator, Elektabilitas HARUM Paling Tinggi

“Pak Mohan Roliskana hingga sejauh ini paling potensial menang dalam pemilihan mendatang,” ujar  Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam pemaparan yang dilakukan secara online dari DPP Golkar Jakarta, (18/9) lalu.

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.

Pasangan Calon Harus Memberi Perhatian pada DPT

PESERTA pemilihan yaitu Pasangan Calon harus menunjukkan perhatian lebih pada seluruh tahapan yang ada, bukan hanya pada saat pendaftaran calon atau pada pemungutan suara saja. Salah satu tahapan yang sangat menentukan ialah tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih atau cukup disebut dengan penyusunan DPT.

Pendataan Bantuan Kuota Internet untuk Siswa Guru dan Mahasiswa Kacau

Hari pertama penyaluran bantuan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen langsung berpolemik. Proses pendataan dan verifikasi nomor ponsel dinilai kacau.

Calon Kepala Daerah Wajib Jadi Influencer Protokol Kesehatan

DPR, pemerintah dan KPU telah memutuskan akan tetap melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember. Para calon kepala daerah (Cakada)  diminta menjadi influencer protokol kesehatan  agar pilkada tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.
Enable Notifications    Ok No thanks