alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Sudah Mengundurkan Diri, SK Pemberhentian Kades Krama Jaya Belum Terbit

GIRI MENANG-Kades Krama Jaya, Kecamatan Narmada Suhaemi Ahmad sudah menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya per tanggal 6 Mei lalu. Meski begitu, dia belum berhenti secara resmi karena hingga saat ini SK pemberhentiannya belum terbit.

Kabid Administrasi Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Lobar Saiful Abubakar mengatakan, SKnya sudah selesai diproses. “Tinggal ditangani bupati,” jelasnya kepada Lombok Post.

Dia mengatakan, setelah proses di DPMD selesai, langsung disampaikan ke pihak-pihak terkait. Seperti ke bagian hukum pemkab, Asisten I, hingga ke sekda untuk diparaf. Setelah itu baru sampai ke meja bupati.

Tanda tangan bupati inilah yang belum bisa dipastikan. Tetapi Saiful memperkirakan prosesnya tidak akan terlalu lama. “Kebetulan bupati ada acara di luar daerah. Paling minggu depan sudah ditandatangani,” tambahnya.

Baca Juga :  Bawaslu Lobar Rekom Hitung Ulang Dua TPS

Yang pasti, tidak ada kendala dalam proses penerbitan SK tersebut. Sebab, kades sendiri yang menyatakan pengunduran dirinya, secara sukarela. “Cuma ada beberapa proses yang harus diselesaikan, karena aturannya begitu,” imbuh Saiful.

Setelah SK pemberhentian terbit, bupati akan menunjuk penjabat kades. Mengacu pada aturan, tugas penjabat paling lama enam bulan. “Di antaranya tugasnya, akan mempersiapkan PAW (pergantian antar waktu),” jelasnya.

Penunjukan kades definitif Desa Krama Jaya harus melalui mekanisme PAW. Sebab, sisa masa jabatan kades sebelumnya lebih dari setahun. “Dalam PAW, kades akan dipilih oleh perwakilan warga, masing-masing dusun lima orang,” terangnya.

Seperti yang diketahui, Kades Krama Jaya Suhaemi Ahmad menyatakan pengunduran dirinya setelah didemo warganya pada tanggal 2 Mei 2022 lalu. Ketika itu, dia didesak melepas jabatannya. Atas dasar desakan itulah, Suhaemi Ahmad langsung membuat surat pernyataan mundur. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/