alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

PUPR Lobar Siapkan Perencanaan Pembangunan Kawasan Dusun Cemara

GIRI MENANG-Hasil kunjungan wakil rakyat DPR RI membawa perubahan dan harapan baru bagi masyarakat Dusun Cemara, Desa Lembar Selatan, Lobar. Lantaran, direncanakan membangun jembatan gantung di kawasan wisata tersebut.

Guna mendukung jalannya proses rencana ini, diharapkan sinergitas pemerintah tingkat desa, kecamatan dan kabupaten untuk segera mengajukan proposal.

Kepala Dinas PUPR Lobar Made Arthadana menyambut baik, bahkan siap menyediakan seabrek desain perencanaan yang memang sudah pernah dibuat sebelumnya.

“Saya berterima kasih sekali. Tentu aspirasi dari DPR RI ini bisa membantu daerah mengenai rencana pembangunan penataan kawasan Cemara pastinya,” ujarnya.

Seperti diketahui, permintaan dari anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama mengharuskan agar pihak BPJN dan PUPR serta instansi vertikal lain yang ada di daerah, agar secepatnya menyiapkan pengajuan proposal. Kemudian mengambil langkah koordinasi dengan Bupati dan DPRD Lobar.

“Bagi Dinas, rencana pembangunan jembatan sangat terkini, bagi ruang percepatan realisasi terhadap penataan kawasan Cemara,” ujar Made.

Diakui, perencanaan kawasan Cemara sebagai obyek wisata pendukung terdekat ibu Kota Gerung itu sudah memiliki masterplan. Beberapa titik pembangunan jalan dan juga penataannya sudah relatif selesai, karena bersinergi antara Pemda, Balai Jalan, BWS bahkan Pemprov NTB.

“Tapi konsep untuk perencanaannya masih harus mencari sumber sumber pembiayaan salah satunya dengan hadirnya tawaran aspirasi dari DPR RI seperti ini,” terangnya.

Menurut hasil estimasi untuk penataan  pembangunan kawasan Cemara ini, diperkirakan memakan anggaran Rp 22 miliar. Sedangkan total anggaran untuk jembatan diperkirakan Rp 14 miliar. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks