alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Polsek Batulayar Tangkap Pencuri Besi Penutup Saluran

GIRI MENANG-Team Crime Hunter Polsek Batulayar membekuk dua pelaku pencurian besi penutup saluran air di Senggigi yang sering hilang.

”Tim kami telah berhasil mengamankan dua orang terduga pelaku pencurian manhole, yang terbuat dari besi ini pada Minggu (16/1),” kata Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho melalui Kapolsek Senggigi Kompol Priyo Suhartono, Rabu (19/1).

Ia mengatakan, belakangan ini marak pencurian manhole atau penutup lubang saluran air di Kawasan Wisata Senggigi. Sehingga ditindaklanjuti team crime hunter Polsek Batulayar. “Tim Polsek, segera melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini,” ungkapnya.

Peristiwa pencurian dengan pemberatan ini terjadi di Jalan Raya Batulayar-Senggigi. Tepatnya di Depan Hotel Candi Desa Batulayar Barat,  Kecamatan Batulayar, Minggu (2/1) sekitar pukul 02.00 Wita.

”Awalnya sejak bulan Agustus 2021, Kepolisian Sektor (Polsek) Batulayar mendapatkan informasi terkait kehilangan manhole ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kejari Mataram Selidiki Dugaan Penjualan Aset Desa Senteluk Lombok Barat

Manhole ini terpasang di sepanjang trotoar jalan yang mana merupakan fasilitas umum. Kemudian dilakukan pengecekan ada sekitar 17 buah  manhole yang telah hilang.

”Sebanyak 17 buah Manhole hilang dari jalan sepanjang jalur Meninting sampai dengan Batulayar. Dalam hal ini Pemkab Lombok Barat sangat dirugikan,” katanya.

Kerugian yang dialami Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat sekitar Rp 64 juta. Berdasarkan serangkaian penyelidikan Team Opsnal  Unit Reskrim Polsek Batulayar melakukan hunting pada jam rawan, untuk menangkap basah pelakunya. Sehingga pada Minggu (16/1) sekitar pukul 02.00 WITA, Tim Opsnal melihat kedua pelaku menggunakan satu unit sepeda motor berhenti di pinggir jalan raya jalur Batulayar -Senggigi.

”Tepat di TKP, kedua pelaku ini berhenti ternyata langsung melakukan pencurian satu buah Manhole, dengan cara dicungkit dengan menggunakan sebilah pisau dan gagang kaca spion sepeda motor,” bebernya.

Baca Juga :  Bersiap New Normal, Lombok Barat Segera Buka Destinasi Wisata

Setelah kedua pelaku berhasil menjalankan aksinya. Barulah tim opsnal Polsek Batulayar langsung melakukan  penangkapan terhadap kedua pelaku.

”Kedua pelaku langsung diamankan, berikut dengan barang bukti,” imbuhnya.

Adapun kedua pelaku yang berhasil diamankan dua orang laki-laki. Masing-masing berprofesi sebagi tukang kuras WC berinisial SN (23 tahun), dan MI (24 tahun). SN diketahui merupakan warga Kelurahan Tanjung Karang, Mataram. Sedangkan MI (24) asal Desa Ketare, Kecamatan Pujut, Kabupaten Loteng.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan berupa  sebuah Manhole, sebuah besi spion sepeda motor, satu unit sepeda motor merk Honda Vario dan sebilah pisau.

”Dari keterangan kedua terduga pelaku ini, ternyata masih ada tiga pelaku lainnya. Yang kini identitasnya sudah kami kantongi, dan kami sedang melakukan pengejaran,” pungkasnya. (nur/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/