alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Bandel, Warga Masih Buang Sampah hingga Bahu Jalan di Kediri Lobar

GIRI MENANG-Meski sudah dipasang papan pelarangan membuang sampah di luar lokasi TPS Pelowok Timur, Kediri, Lombok Barat, nyatanya masih saja terjadi penumpukan sampah hingga memakan bahu jalan raya. Tidak saja merusak pemandangan, bau tak sedap kerap menusuk hidung bagi siapa saja yang melintas di area tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Lombok Barat Budi Darmajaya mengakui, di lokasi tersebut kerap terjadi penumpukan sampah yang meluber hingga ke bahu jalan. Ia pun turun tangan dan mengerahkan hingga tujuh armada dam truk dan satu ekskavator untuk menaikkan sampah ke dam truk.

“Setiap hari kita lakukan pengangkutan untuk dibawa ke TPA Kebon Kongok,” katanya, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga :  Di Lobar, Korona Menyebar di Lima Kecamatan, Narmada, Lingsar, Batulayar, Gunungsari dan Kediri

Ia menjelaskan, TPS Pelowok Timur sebenarnya sudah ditutup dan dipasang papan atau plang larangan. Pemda pun telah menyiapkan atau membangun lokasi TPS di Montong Are TPS3R tahun 2020 lalu.

“Kita minta masyarakat membuang kesana, tapi mungkin karena lokasi cukup jauh masyarakat kembali membuang di Pelowok Timur,” jelas Budi.

Membludaknya sampah hingga ke bahu jalan, lanjut Budi, disinyalir bukan hanya dari wilayah Lombok Barat. Tetapi masyarakat di sekitar perbatasan Lombok Tengah yang dekat dengan lokasi TPS ini.

“Setahu kami, bukan saja masyarakat Kediri, Lobar yang buang kesana. Tapi daerah lain yang buangnya pada malam hari,” tambah mantan Kepala Dinas Kominfotik Lobar ini.

Baca Juga :  Pendapatan Anjlok, PT Tripat Minta Taman Narmada Dibuka

Mengingat perhelatan MotoGP pada bulan Maret mendatang, pihaknya berkomitmen untuk turut mempercantik dan membersihkan Bumi Patut Patuh Patju dari sampah. Terutama TPS-TPS ilegal yang kerap muncul pada titik-titik baru.

“Kami harap warga masyarakat membuang sampah pada titik yang telah disediakan TPS atau ke dalam kontainer,” pungkasnya. (ewi/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/