alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Penanganan Kasus Longsor Senggigi Jangan Setengah Hati

GIRI MENANG—Pengungkapan kasus longsor Senggigi belum menemukan titik terang. Asosiasi Kepala Desa (AKAD) Lombok Barat pun ikut bersuara.

“Jangan sampai ada persepsi-persepsi liar seperti yang sudah dipertanyakan selama ini terkait kelanjutan dari penanganan persoalan longsor Senggigi tersebut,” kata Ketua AKAD Lobar Sahril, Kamis (21/4/2021).

Kepala Desa Jeringo itu yakin aparat penegak hukum (APH) dari Polres Lobar sudah bekerja maksimal. Namun masyarakat juga ingin mendapatkan kepastian bagaimana kelanjutan pengungkapan kasus ini. Azas praduga tak bersalah tentu harus dijunjung tinggi.

Penyidik juga diminta bisa lebih selektif lagi khususnya dalam memverifikasi syarat menjadi saksi ahli di kasus ini. Jangan sampai masyarakat menilai APH terkesan tidak serius terhadap persoalan proyek tersebut.

“Kami tidak berani berspekulasi, tetapi semua pihak tentu ingin melihat ada keseriusan yang lebih intens dalam penanganan kasus longsor Senggigi ini,” imbuhnya.

Sahril mengungkapkan, jalur Senggigi yang menjadi lokasi longsor adalah jalan yang sangat vital. Kejelasan terkait perbaikan proyek yang rusak akibat longsor beberapa waktu lalu perlu disampaikan.

“Langkah antisipasi agar peristiwa serupa (longsor) juga perlu dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya akses ini merupakan jalan yang padat dan mendukung jalannya roda perekonomian tiga kabupaten/kota. Yakni Mataram, Lobar, dan KLU.

Adanya longsor tersebut jelas mengganggu perekonomian, termasuk dunia pariwisata maupun pelaku-pelaku wisata lainnya. ”Kami dari pemerintah desa tentu berharap semua pihak bisa melaksanakan tugas fungsinya secara profesional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gapensi Lobar H Salman mendorong adanya kejelasan penanganan proyek yang longsor ini. Apalagi masa pemeliharaan yang semakin singkat.

”Jangan sampai kerusakan meluas, sehingga berdampak semakin membengkaknya anggaran nantinya yang dibutuhkan untuk perbaikan,” kata dia. (nur/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks