alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Lembar Jadi Tiga Unit

GIRI MENANG—Warga di Dusun Tibu, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar masih dibayangi kekhawatiran terjadinya banjir bandang kembali. Musibah yang terjadi sejak Jumat (19/2/2021) hingga Minggu (21/2/2021) telah merusak rumah warga, kantor dan sekolah.

“Data terbaru kami terima total rumah rusak dan tidak bisa ditempati jadi tiga unit dari sebelumnya yang dilaporkan dua unit,” kata Anggota DPRD Lobar Dapil Lembar Sekotong Abubakar Abdullah, Senin (22/2/2021).

Ia meminta Pemkab Lombok Barat (Lobar) segera turun tangan. Sebab, informasi dari BMKG, curah hujan masih tinggi hingga beberapa hari ke depan. Sehingga, berpotensi membuat rumah warga yang awalnya rusak ringan, menjadi rusak berat.

“Yang diperlukan saat ini adalah penanganan tanggul yang jebol. Karena tanggul ini ternyata belum diperbaiki sejak terjadinya banjir bandang tahun 2017 silam,” tuturnya.

Diterangkan, Pemprov NTB dan BWS sudah melihat lokasi kejadian. Begitupun dengan pihak terkait di Pemkab Lobar. “Tapi yang diperlukan saat ini bagaimana realisasi perbaikan pada tanggul yang jebol ini,” cetusnya.

Terpisah, Wakil Bupati Lobar Hj Sumiatun mengatakan, Pemkab Lobar terus melakukan koordinasi dengan BWS maupun Pemrov NTB. Ini untuk mengambil langkah penanganan jangka pendek dan jangka panjang.

“Ini akan kami lihat dulu untuk ditindaklanjuti. Kami akan rapatkan untuk mencarikan solusinya,” tuturnya.

Menurutnya, tak hanya tanggu yang jebol, tapi rumah warga yang rusak akibat banjir bandang akan diperbaiki. Caranya dengan memanfaatkan beberapa program di Dinas Perumahan dan Permukiman. “Kami juga sudah meminta pihak desa dan dusun melakukan pendataan warga yang rumahnya terdampak banjir,” terangnya.

Sementara Kasi Logistik BPBD Lobar Tohri mengatakan, dalam kondisi sekarang, semua diminta untuk melakukan antisipasi. Apalagi diperkirakan cuaca buruk masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. “Kami meminta masyarakat bisa waspada bila terjadi hujan lebat, khususnya warga yang rumahnya berpotensi ambruk,” pesannya. (nur/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks