alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Kewenangan Penanganan Kebersihan di Lobar Dinilai Tumpang Tindih

GIRI MENANG-Penanganan kebersihan oleh pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) perlu dilakukan pembenahan. Sebab, saat ini tugas dan fungsi dari beberapa OPD dinilai masih tumpang tindih.

Ketua Komisi II DPRD Lobar H. Jumahir menerangkan, tumpang tindih tupoksi ini bisa dilihat di Dinas Permukiman (Perkim) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Akibatnya, penanganan sampah di lapangan tidak optimal. “Kita berharap supaya seluruh tenaga kerja kebersihan jalan berada di satu OPD,” katanya.

Misalnya dalam pelaksanaan perantingan pohon. Pemotongan pohon dan penjualan kayunya menjadi kewenangan Perkim. Tapi kemudian DLH yang disuruh angkut sampah, inikan tidak sinkron,” imbuh politisi Partai Golkar itu.

Menurut Jumahir, jika ada sinkronisasi, dia yakin penanganan sampah akan jauh lebih baik. Sebab, mulai dari kebersihan di taman, di jalan-jalan, termasuk di kawasan pariwisata, sudah ada OPD yang bertanggung jawab.

Baca Juga :  124 Pejabat Eselon III dan IV Pemkab Lobar Dilantik Wabup

“Sekarang belum jelas karena beda-beda yang menangani. Kebersihan di taman dibersihkan Perkim, tapi kawasan wisata disuruh ke DLH. Ke depan perlu penegasan,” tambah Jumahir.

Dia menjelaskan, salah satu opsi yang bisa ditempuh, petugas kebersihan berada di bawah Dinas Perkim. Te ltapi untuk petugas pengangkut dan pengolah sampah ada di DLH. “Penegasan seperti itulah yang kita harapkan,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, nanti akan ada pembicaraan lebih serius antara DPRD dengan pemerintah daerah. “Kita mau sepakati dengan pemerintah daerah secara lintas OPD supaya tidak saling lempar tanggung jawab,” tutupnya. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/