Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Warga Kuripan Tebang Pohon Pelindung, Kades: Kalau Nunggu Perkim, Lama

GIRI MENANG-Pemerintah Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan memilih menebang sendiri pohon-pohon di dekat jalan raya yang dianggap membahayakan. Pemdes setempat melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini.

“Kalau kita tunggu Perkim (Dinas Perumahan dan Permukiman) masih lama, karena Perkim juga  banyak yang diurus, bukan Desa Kuripan saja,” kata Kepala Desa Kuripan Hasbi Kamis (24/11).

Dia menerangkan, di beberapa titik tempat strategis di Desa Kuripan banyak pohon yang sudah tua, dan rantingnya condong ke jalan. “Makanya kita tebang dulu. Ranting-ranting yang sudah mati kita akan potong semua,” tambahnya.

Hasbi menjelaskan, di desa memang tidak ada anggaran untuk perantingan. Anggarannya melekat di OPD terkait. Tetapi karena pertimbangan keamanan, pihaknya langsung melakukan perantingan sendiri. “Daripada nunggu korban, kita minta masyarakat yang menebang,” terang Hasbi.

Baca Juga :  Wisatawan Medan yang Hilang di Kerandangan Bakal Dicari Hingga Tujuh Hari

Masyarakat yang menebang tidak menerima upah sepeserpun. Untuk menyiasatinya, pemdes memberikan kayu tersebut kepada masyarakat. “Diupah pakai kayu, karena anggarannya tidak ada di desa,” katanya.

Hasbi menegaskan, meski tidak ada anggaran, pihaknya yakin, seluruh pohon di dekat jalan yang dianggap membahayakan akan dirantingkan semua. Dia yakin, dalam beberap minggu ke depan sudah tuntas. “Syukur kalau ada bantuan Perkim, tapi kami tidak mau menunggu,” jelasnya.

Dia mengaku, titik-titik pembangan tersebut sudah ditentukan. Di samping hasil turun langsung dari pemerintah desa, juga berasal dari laporan masyarakat. “Banyak laporan dari warga, makanya kita ambil alih,” ujar Hasbi.

Yang sudah selesai saat ini, pembersihan ranting-ranting yang ada di dekat jalan. Ranting dan dahan tersebut tumbang akibat angin kencang beberapa waktu lalu. “Kita bersihkan yang ada di pinggir jalan itu,” tutupnya. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks