alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Tiga Bulan Buron, Pembobol Ruko di Lembar Tertangkap

GIRI MENANG-Tim Puma Polres Lombok Barat (Lobar) menangkap terduga pelaku pembobolan ruko di Desa Lembar, Kecamatan Lembar. ”Pelakunya beraksi sendirian,” kata Kapolres Lobar AKBP Bagus Satriyo Wibowo.

Terduga pelaku yang diamankan berinisial YU. Penangkapan terhadap YU dipimpin langsung KBO Reskrim Ipda Irvan Surahman, Selasa dini hari (25/8).

Bagus mengatakan, aksi kejahatannya terjadi Mei lalu. YU datang seorang diri ke ruko milik korban. Ia diduga sudah merencanakan perbuatannya. Sebab, pencurian ini dilakukan setelah korban meninggalkan rukonya untuk melaksanakan salat di masjid.

YU leluasa melakukan aksinya. Apalagi pintu ruko rupanya tidak dikunci korban. ”Di ruko gak ada yang jaga. Pintunya juga tidak terkunci,” ujarnya.

Baca Juga :  Pak Polisi, Gapensi Lobar Tunggu Hasil Penyelidikan Longsor Senggigi

Pelaku beraksi dengan cepat. YU mengambil barang berharga yang terlihat matanya. Yakni tiga unit handphone milik korban di dalam ruko. Kata Bagus, korban menyadari rukonya dimasuki pencuri setelah pulang dari masjid.

”Pas pulang pintu ruko posisi terbuka. Setelah barang-barang dicek, yang hilang tiga hape,” tutur Bagus.

Setelah membuat laporan, tim Puma Polres Lobar melakukan penyelidikan. Mencari keberadaan pelaku dari keterangan saksi dan korban. Setelah tiga bulan pencarian,  polisi mendapat petunjuk. Salah satunya, handphone curian yang dijual pelaku ke beberapa orang.

Bagus mengatakan, setelah mendapat informasi keberadaan pelaku, tim Puma bergerak untuk menangkap YU. ”Kita tangkap di rumahnya. Pelaku ini tinggal tak jauh dari TKP pencurian,” ungkapnya.

Baca Juga :  Korban Hanyut Air Terjun Tibu Atas Terseret hingga 34 Kilometer

Dalam penangkapan kemarin, tim Puma berhasil mengamankan tiga unit handphone yang dicuri pelaku. Handphone tersebut disita polisi dan dijadikan barang bukti untuk perkara YU. YU sendiri dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama sembilan tahun penjara.

”Pelaku sudah ditahan. Kita masih dalami juga apakah pelaku benar beraksi sendiri atau ada rekannya,” tandas Bagus. (dit/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/