alexametrics
Jumat, 25 September 2020
Jumat, 25 September 2020

Surat Suara Pemilu Tiba di Lobar, 19 Kotak Suara Rusak

GIRI MENANG-Surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) April mendatang telah tiba di Lombok Barat (Lobar) kemarin (27/2). Diangkut menggunakan dua mobil kontainer, kotak surat suara tersebut kini disimpan di gudang penyimpanan KPU Lobar yang ada di Desa Lelede, Kecamatan Kediri.

“Surat suara untuk tahap pertama yang tiba hari ini masih belum lengkap. Nanti menyusul kekurangannya,” terang Sekretaris KPU Lalu Herman mewakili Ketua KPU Bambang Karyanto yang tengah mengikuti Bimtek.

Pada tahap pertama, rincian surat suara yang tiba yakni 489.480 lembar surat suara Pilpres. Ditambah 489.480 lembar surat suara DPR RI dan 369.434 lembar surat suara DPRD Lobar. Surat suara DPRD Lobar untuk Dapil 4 masih belum dikirim bersama dengan surat suara DPD RI.

“Sisanya masih belum bisa kami pastikan kapan akan dikirim dari KPU pusat. Kami masih menunggu karena semua surat suara dicetak di pusat,” terang Herman.

Pantauan Lombok Post, surat suara tersebut tersimpan rapi dalam kardus yang masih tersegel dalam truk kontainer. Surat suara tersebut tiba di Pelabuhan Lembar menggunakan Kapal Legundi dari Pelabuhan Surabata.

Setelah tiba, pihak KPU Lobar menyimpan surat suara tersebut bersamaan dengan kotak suara di gedung GOR Bulutangkis Desa Lelede. Ditanya terkait pelipatan surat suara, KPU mengaku akan terlebih dulu menggelar pleno melibatkan semua komisioner. Diperkirakan pelipatan akan dilakukan bulan depan.

Dengan datangnya surat suara ini, sebagian besar logistik untuk persiapan Pemilu 17 April mendatang sudah lengkap. Mulai dari kotak suara, bilik suara, tinta hingga formulir. Saat ini semua kotak suara sudah dirakit.

Dari jumlah 11.110 kotak suara yang diterima November 2018 ada sekitar 19 yang ternyata ditemukan rusak saat perakitan.

“Ada yang cantelannya, rusak sama transparannya lepas. Itu kami anggap rusak. Kami terima kondisinya dari pusat sudah seperti itu,” papar Herman.

Namun kerusakan tersebut diyakini tidak akan mengganggu jalannya Pemilu. Karena KPU Lobar sudah memiliki cadangan yang cukup. Kini kotak suara tersebut sudah tersimpan rapi bersamaan dengan surat suara. Tinggal menunggu pelipatan suara baru kemudian didistribusikan ke masing-masing TPS.

“Insya Allah aman. Karena sudah ada palet di bawahnya agar tidak basah. Gudang penyimpanannya juga di sini (GOR Bulutangkis Lelede, Red) cukup. Kalau tidak cukup kami akan digunakan gudang KPU Lobar,” cetusnya.

Kapolres Lobar AKBP Heri Wahyudi yang datang mengawal penyimpanan surat suara Pemilu mengaku pihaknya siap mengerahkan personel untuk berjaga 24 jam. Menjaga kotak suara, surat suara hingga logistik lainnya. “Ada masing-masing 10 personel yang kami tugaskan berjaga satu kali 24 jam. Itu mereka bergantian,” jelas Heri.

Ini merupakan arahan langsung dari Mabes Polri untuk mencegah terjadinya kehilangan surat suara atau kejadian yang tidak diinginkan. Penjagaan dilakukan dimulai dari tahapan Pemilu hingga penghitungan suara Pemilu nanti.

“Kami menempatkan personel tidak hanya di gudang penyimpanan saja. Tetapi juga di Kantor KPU Lobar dan Bawaslu,” tandasnya. (ton/r5)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Subsidi Kuota Internet, Daerah Blank Spot di NTB Pertanyakan Manfaat

”Kalau jangkauan towernya luas, tentu ini sangat menunjang sekaligus mendukung pemanfaatan kebijakan pusat,” tandasnya.

Anugerah Pewarta Astra 2020 Kembali Digelar

Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020. ”Di NTB sendiri kami membina warga Kelurahan Dasan Cermen yang merupakan wilayah Kampung Berseri Astra. Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan dukungan Astra untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih optimis demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujar Gusti Ayu.

Pilwali Mataram, HARUM satu SALAM dua MUDA tiga BARU empat

Pengundian nomor Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram berjalan di bawah protokol Pandemi Covid-19 dengan ketat, pukul 19.00 wita-selesai semalam.

Catat, Kampanye Undang Massa Bisa Dipidana

Seluruh calon kepala daerah yang akan berlaga dalam Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di NTB telah ditetapkan, kemarin (23/6). Hari ini, para calon kepala daerah tersebut akan melakukan pengundian nomor urut. Kampanye akan dimulai pada 26 September. Seluruh kandidat harus hati-hati berkampanye di masa pandemi. Sebab, mengundang massa dalam kampanye bisa dikenakan pidana.

Dua Sopir Bupati Lotim pun Positif Tertular Covid-19

PELACAKAN kontak erat Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy yang positif terinfeksi Covid-19 masih terus dilakukan. Hingga kemarin, dari kontak erat yang telah menjalani uji usap atau swab, dua orang sopir Bupati Sukiman telah dipastikan positif Covid-19.

Dua Jempol untuk Penanggulangan Covid-19 Desa Bentek Lombok Utara

Desa Bentek meraih juara satu Kampung Sehat di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Berada di pintu masuk Kecamatan Gangga, desa ini memang dua jempol. Bidang kesehatannya oke. Bidang ekonominya mantap. Sementara bidang ketahanan pangannya juga menuai decak kagum. Pokoknya top!

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Tertular Korona di Luar Daerah, Bupati Lotim Sempat Drop

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menjadi kepala daerah pertama di NTB yang positif terinfeksi Covid-19. Pemimpin Gumi Patuh Karya dua periode tersebut menjalani uji usap (swab) pada Senin (21/9) di RSUD dr Raden Soedjono Selong.
Enable Notifications    Ok No thanks