Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Polres Lobar Perketat Pengawasan, Antisipasi Predator Anak

GIRI MENANG – Polres Lombok Barat meningkatkan pengawasan dalam melakukan perlindungan terhadap perempuan dan anak. Salah satu tujuannya, untuk mengantisipasi adanya predator anak di Gumi Patut Patuh Patju.

Kasat Reskrim Iptu I Made Dharma Yulia Putra mengatakan, pengawasan meliputi mengecek langsung kondisi anak-anak pada di sejumlah lembaga sosial di Lobar. Pengawasan ini melibatkan unit perlindungan perempuan dan anak (PPA).

“Kita turun ke lembaga-lembaga sosial yang menampung anak-anak, sekaligus mengedukasi mereka, bagaimana caranya untuk terhindar dari kekerasan terhadap anak, terutama terhadap ancaman predator anak,” ungkapnya.

Menurutnya, edukasi sejak usia dini sangat penting. Terlebih di era digitalisasi saat ini, sangat berpotensi terjadinya kekerasan terhadap anak dan perempuan. “Sehingga perlu lebih memperhatikan perilaku anak itu sendiri,” kata Made Dharma.

Baca Juga :  Jangan Malas Lakukan Perantingan Pohon di Lobar!

Dalam hal pengawasan ini, sangat membutuhkan peran serta orang tua. Orang tua diharapkan lebih memperhatikan perilaku anak-anaknya. “Kemudahan informasi yang dapat diakses tanpa batas, bisa saja menjadi dampak buruk pada perilaku anak,” terangnya.

Made Dharma mengaku, dalam pengawasan tersebut, unit PPA Sat Reskrim Polres Lobar melakukan pendekatan persuasif humanis. Dalam pelaksanaannya, dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan sosial. Seperti dengan menyerahkan bantuan berupa paket sembako.

Made Dharma mengaku, sejauh ini sudah ada beberapa lembaga kesejahteraan sosial (LKS) yang sudah dikunjungi. Antara lain, LKS Darul Yaqin di Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, dan LKS Handayani Lingkungan Batu Anyar, Kelurahan Gerung Utara, Kecamatan Gerung. Termasuk juga Yayasan Yaumul Hassanah Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan. (cr-bib)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks