alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Kampung Sehat, Desa Tempos Rutin Gelar Jumat Bersih

DI DESA Tempos, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, kegiatan Jumat Bersih oleh warga nyaris tak pernah berhenti. Jangan heran, jika lingkungan di desa ini bersih dan terawat.

Awal pekan ini, Wakapolres Lombok Barat Komisaris Polisi Lalu Salehuddin bertandang ke desa ini. Melihat dari dekat persiapan Desa Tempos untuk ikut Lomba Kampung Sehat yang digelar Polda NTB.

Desa ini merupakan salah satu Desa di Kecamatan Gerung yang ikut dalam Lomba Kampung Sehat. Di hadapan Wakapolres Lobar Plt Kades Tempos Ida Wayan Sugistha mengatakan, dulu, wajah Desa Tempos tidak seindah dan seasri sekarang.

“Wajah Desa Tempos saat ini merupakan upaya dari seluruh masyarakat dan Karang Taruna Desa Tempos,” katanya.

“Kegiatan Jumat bersih tak pernah absen di desa kami,” kata dia merujuk kegiatan bersih-bersih lingkungan secara serentak oleh masyarakat desa.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Kasus Covid-19 di Lombok Barat Melandai

Saat ini, Sugistha menuturkan, Karang Taruna sedang mengembangkan pengolahan air menjadi air alkali,” ungkapnya. Air alkali adalah air yang diproses secara higienis dengan mesin pengion untuk menghasilkan air dengan tingkat pH yang lebih tinggi. Air minum ini dikenal sebagai air minum yang sangat menyehatkan.

Sugistha mengungkapkan, pengolahan air alkali ini bukan karena ada Lomba Kampung Sehat. Tapi memang sudah menjadi program Karang Taruna. “Karena itu akan kita lakukan secara berkesinambungan,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Kompol Lalu Salehuddin menyampaikan pentingnya masyarakat menjaga diri dari tertular Covid-19. Sebab, saat ini kata dia, banyak negara yang sudah mengalami krisis. “Tapi negara kita masih bertahan,” katanya.

Karena itu, pada kesempatan tersebut, Wakapolres mengharapkan dengan program Kampung Sehat, aparat keamanan dan aparat pemerintah tiada henti mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan kehidupan dengan protokol Covid.

Baca Juga :  Kapal KM Liberty Tenggelam Korban Dievakuasi ke Lombok

“Diharapkan dengan program Kampung Sehat ini, Desa Tempos bisa menjadi tonggak untuk bisa menjadi contoh buat desa-desa lain,” ujarnya.

Dikatakan pula dari empat aspek yang akan dinilai dalam lomba, bisa diterapkan di Desa Tempos. “Kami dari aparat keamanan hanya sebagai pendorong dan siap mendampingi untuk terlaksananya kegiatan ini dengan lancar,” imbuhnya.

Disampaikan pula bahwa Lombok Barat saat ini masih berada pada zona merah Covid-19. Kasus positif terus muncul tiap hari di Lombok Barat.

“Kami juga berharap dengan Lomba Kampung Sehat ini, bisa menumbuhkan rasa peduli dan tidak meremehkan pandemi Covid ini dan Lombok Barat bisa kembali ke zona hijau,” tandasnya. (kus/r6)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/